Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan dan Peralatan Masking

Bahan dan Peralatan Masking - Dalam metode pengecatan kita sering melakukan perlindungan terhadap permukaan kendaraan yang tidak akan dicat dengan warna yang sama. Langkah kita dalam melakukan perlindungan inilah yang dimaksud dengan masking. 

Tujuan dari masking ini adalah melindungi permukaan tertentu dari kendaraan agar tidak terkena semprotan cat, dan bahkan dari demu-debu yang dihasilkan dari pengecatan itu. 

Bahan dan Peralatan Masking

Jika proses masking yang kita lakukan kurang sempurna maka hasil pengecatan kurang sempurna dan kita akan kehilangan banyak waktu untuk membersihkan permukaan tersebut. Oleh karena itu proses masking harus sempurna agar dihasilkan pengecatan yang sempurna.

Bahan masking adalah semua bahan kebutuhan yang diperlukan dalam proses masking. Dalam memilih bahan hendaknya selalu mempertimbangkan asas kemudahan dan kehematan. Ada beberapa syarat bahan masking dapat diterima/digunakan antara lain : 

  1. Dapat mencegah solvent terkena permukaan. 
  2. Dapat mencegah terkupasnya cat setelah mengering. 
  3. Dapat mencegah pencemaran debu. 
  4. Tidak meninggalkan adhesive pada permukaan cat. 

Bahan–bahan yang diperlukan dalam prosedur masking adalah :

1) Kertas Masking 

Kertas masking (masking paper) berfungsi sebagai penutup bagian yang tidak akan dicat. Kertas masking layak digunakan jika bebas terhadap debu, tahan terhadap penetrasi solvent, dan mudah dalam penggunaannya. 

Kertas masking tersedia dalam berbagai ukuran tebal untuk pekerjaan dan aplikasi yang berbeda-beda, misalnya : kertas yang tebal untuk mencegah penetrasi solvent atau kertas tahan panas dengan lapisan aluminium dan lain-lain. Untuk memudahkan dalam pengambilan.

Bahan dan Peralatan Masking
Masking Paper
Masking paper biasanya tersedia dispenser masking paper. Alat ini gunanya untuk menggulung masking paper dengan berbagai ukuran tebal dan disertai pula gulungan masking tape yang langsung bisa menempel pada permukaan masking paper. Ada sebagian masking paper yang sudah dilengkapi dengan masking tape pada bagian bawahnya. 

2) Vinyl Sheet 

Vinnyl sheet adalah material vinyl yang sangat tipis yang biasanya tersedia dalam ukuran lebar yang lebih besar daripada masking paper. Oleh karena itu, sangatlah berguna untuk mencegah overspray cat dalam ukuran yang lebar di sekitar permukaan kerja. 

Karena terbuat dari vinyl maka kemungkinan tahan terhadap penetrasi solvent sangat tinggi. Dengan demikian vinyl sheet dapat dipakai berulang-ulang selama belum kaku/keras akibat cat yang mengering. 

3) Spesial Masking Cover 

Spesial masking cover berfungsi menutup keseluruhan kendaraan dan hanya memperlihatkan (membuka) bagian yang akan dicat saja. Cover ini dapat digunakan berulang-ulang. Ada pula masking cover yang hanya digunakan untuk menutup ban kendaraan.

4) Masking Tape 

Masking tape adalah bahan perekat yang digunakan untuk menempelkan/memegang masking paper pada body kendaraan. Masking tape pada pengecatan kendaraan hendaknya dipilih yang mempunyai ketahanan terhadap panas, mempunyai daya lekat yang tinggi tetapi tidak meninggalkan adhesive pada bodi kendaraan setelah dikupas. 

Ada sebagian masking tape di pasaran yang mempunyai daya lekat sangat rendah, sehingga solvent cat dapat merembes masuk dan menghasilkan pengecatan yang kurang sempurna. Klasifikasi masking tape menurut tahan panas : 

  • Untuk cat dengan pengeringan udara : digunakan pada cat lacquer. Apabila dipanaskan, adhesive akan melekat pada bodi kendaraan. 
  • Untuk cat dengan pengeringan buatan : digunakan pada cat urethane. Tahan panas sampai 60º s.d. 80ºC (140º s.d. 176ºF). 
  • Untuk cat bakar (baked paint) : Tahan panas hingga 130º hingga 140º C (226º s.d. 284ºF) 

Catatan : 

Sekalipun ketahanan panas masking tape sesuai dengan temperatur pengeringan, tetapi apabila lapisan (coat) lemah terhadap solvent, maka lapisan (coat) akan rusak oleh solvent yang terkandung di dalam adhesive dari tape. Hal ini akan menimbulkan bekas (tanda) pada permukaan yang ditutup (masked). Untuk menghilangkan bekas tersebut perlu dilakukan pengomponan. 

5) Gap Tape 

Gap Tape adalah tipe masking material yang dirancang untuk mencegah penetrasi cat ke dalam celah pada engine hood atau pintu. Terbuat dari urethane foam dengan adhesive. Gap tape memudahkan proses masking pada area yang bercelah (gap). 

Bentuk yang bulat (silinderal), mencegah timbulnya spray step (semprotan bertangga) sehingga permukaan yang dicat mudah dipoles.

6) Masking untuk weatherstrip 

Untuk menjamin separasi (perpisahan) dalam masking suatu jendela sangatlah sulit, karena weatherstrip atau moulding tetap menempel pada bodi kendaraan, cat akan melekat pada weatherstrip. Produk khusus dapat dimasukkan ke bawah weatherstrip untuk membuat celah di antara bodi dengan weatherstrip. Sebagai contoh dari produk ini adalah sebagai berikut :

Bahan dan Peralatan Masking
Masking untuk weatherstrip

Posting Komentar untuk "Bahan dan Peralatan Masking"