Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prinsip Kerja Motor Listrik Arus Searah

Prinsip Kerja Motor Listrik Arus Searah - Motor listrik arus searah merupakan suatu alat yang berfungsi mengubah daya listrik arus searah menjadi daya mekanik (tenaga gerak) berupa tenaga putar. Dalam teknik kendaraan motor listrik arus searah bersumber pada baterai / alternator. 

Motor listrik digunakan secara luas dalam kendaraan antara lain motor starter, motor wiper, blower Air Conditioning (AC), pompa air pembasuh kaca, power window, pompa bahan bakar, motor untuk otomatisasi gerakan antena/perubahan posisi tempat duduk/kaca spion, dan lain sebagainya. 

Motor listrik arus searah mempunyai prinsip kerja berdasarkan percobaan Lorents yang menyatakan.―Jika sebatang penghantar listrik yang berarus berada di dalam medan magnet maka pada kawat penghantar tersebut akan terbentuk suatu gaya‖. 

Gaya yang terbentuk sering dinamakan gaya Lorents. Untuk menentukan arah gaya dapat digunakan kaidah tangan kiri Flemming atau kaidah telapak tangan kiri. 

Jika ibu jari, jari tengah dan jari telunjuk disusun seperti gambar 1, garis gaya magnet sesuai dengan arah jari telunjuk, arus yang mengalir pada penghantar searah dengan jari tengah maka, gaya yang terbentuk pada kawat penghantar akan searah dengan arah ibu jari. 

Jika digunakan kaidah telapak tangan kiri, maka didalam menentukan arah gaya dapat dikerjakan sebagai berikut Telapak tangan kiri direntangkan sedemikian rupa sehingga ibu jari dengan keempat jari yang lain saling tegak lurus. 

Jika garis gaya magnet menembus tegak lurus telapak tangan, arah arus sesuai dengan arah keempat jari tangan, maka ibu jari akan menunjukkan arah gaya yang terbentuk pada kawat penghantar. Hubungan antara garis gaya magnet, arah arus dan gaya yang terbentuk pada kawat penghantar dapat dilukiskan seperti gambar.

Prinsip Kerja Motor Listrik Arus Searah
Proses berputarnya anker motor listrik atau proses perubahan energi listrik menjadi energi mekanis dapat dijelaskan melalui gambar disamping kontruksi dasar motor arus searah : Arah medan magnet dari kutub utara (N)ke kutub selatan (S). 
Prinsip Kerja Motor Listrik Arus Searah
proses berputarnya anker 

Penghantar bagian atas (yang berada diantara kutub N dan S) dialiri arus listrik ‗meninggalkan kita‘, maka penghantar akan terdorong garis gaya magnet N-S dan penghantar bergerak ke kiri. Sementara penghantar bagian bawah (yang berada diantara kutub N dan S) dialiri arus listrik ‗menuju kita‘, maka penghantar akan terdorong garis gaya magnet N-S dan penghantar bergerak ke kanan. A

Akibat dari gaya kopel pada penghantar bagian atas dan bawah tersebut maka anker (tempat kumparan penghantar) tersebut akan bergerak berputar. Semakin banyak kumparan pada anker, maka gaya yang menggerakkan penghantar semakin besar, akibatnya putaran motor listrik semakin kuat. 

Dengan berputarnya anker/kumparan penghantar, maka posisi penghantar yang sama selalu berubah. Dengan adanya komutator, maka penghantar yang posisinya di bagian atas (yang berada diantara kutub N dan S) selalu dalam keadaan dialiri arus listrik meninggalkan kita‖, maka penghantar akan terdorong garis gaya magnet N-S dan penghantar bergerak ke kiri. 

Sebaliknya, dengan adanya komutator, maka penghantar yang posisinya di bagian bawah (yang berada diantara kutub N dan S) selalu dalam keadaan ―dialiri arus listrik menuju kita‖, maka penghantar akan terdorong garis gaya magnet N-S dan penghantar bergerak ke kanan (lihat gambar). 

Posting Komentar untuk "Prinsip Kerja Motor Listrik Arus Searah"