Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peralatan Bengkel Otomotif : Jenis dan Fungsinya

Peralatan Bengkel Otomotif : Jenis dan FungsinyaDi dalam bengkel otomotif ataupun bengkel kerja bangku dikenal ada dua jenis alat bantu kerja yaitu alat tangan dan alat mesin atau alat bertenaga (hand tools and machine tools or Power tools) kedua alat tersebut dibedakan atas tenaga penggeraknya yaitu  penggerak tenaga manusia dan penggeraknya dibantu mesin.

Peralatan Bengkel Otomotif

Pekerjaan memasang dan melepas baut /mur, skrup, snapring adalah pekerjaan yang hampir selalu ada disetiap unit kompetensi perbaikan kendaraan otomotif. Peralatan untuk memasang/melepas baut (bolt) dan mur (nut) berdimensi segi enam (Hexagonal) disebut kunci pas, ring, kombinasi segi enam (Wrench Hexagonal) dan untuk kepala baut segi empat disebut Wrench Square, sedangkan peralatan untuk membuka skrup (screw) adalah obeng (Screw driver).

Peralatan lain adalah peralatan seperti kikir, ragum, gergaji, penggores dan lain- lain yang sering disebut peralatan kerja bangku. Pengetahuan dan keterampilan tentang peralatan bengkel otomotif merupakan modal dasar bagi siswa sebelum melakukan praktik di dalam bengkel. Hal ini untuk menghindari kesalahan penggunaan sehingga menyebabkan kerusakan pada alat ataupun benda kerja.

Kunci-Kunci (Spanner)

Apa saja peralatan bengkel otomotif? Dalam bengkel otomotif ataupun bengkel kerja bangku dikenal ada dua jenis alat bantu kerja yaitu alat tangan dan alat bertenaga (hand tools and Power tools). Kedua jenis alat tersebut dibedakan atas tenaga penggeraknya, alat tangan berarti alat yang dalam penggunaannya hanya mengandalkan tenaga mansia, sedangan power tools untuk menggerakkannya menggunakan tenaga bantu dari mesin, misalnya mesin gerinda untuk dapat berputar batu gerindanya harus di putarkan oleh motor listrik.
Peralatan Bengkel Otomotif
Kunci - Kunci (Spanner)
Kunci adalah alat untuk membuka dan mengunci, misalnya kunci pintu, kunci almari, kunci laci dan lain-lain. Kunci dalam arti peralatan perbengkelan memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membuka dan mengencangkan (mengunci) sebuah baut terhadap murnya atau sebaliknya.

Sebutan mur/baut dalam hal ini adalah berdasarkan tinjauan bentuk kepala, bukan bentuk ulirnya. Kepala baut dimaksud dapat berbentuk segi enam, atau segi empat, sedangkan bentuk lain adalah berbentuk lubang persegi, atau bintang di tengah kepala baut, tetapi tidak tirus kearah dalam. 

Untuk kunci yang digunakan membuka baut dengan lubang ditengah kepala baut, penamaannya tergantung juga bentuk bentuk gagangnya. Jika diaplikasikan dengan gagang seperti obeng maka sering juga disebut obeng.

1. Kunci Pas (Open End Spanner)

Kunci pas dibuat dari bahan baja tensil tinggi yaitu logam paduan Chrome Vanadium, kunci ini mempunyai tangkai (shank) dengan kepala di masing-masing ujung yang membuat sudut 15 terhadap tangkainya. Pada disain khusus terdapat kunci pas dengan arah rahang 90 dari tangkainya.
Peralatan Bengkel Otomotif
Kunci Pas (Open End Spanner)
Digunakan untuk melepas baut atau mur yang sudah dikendorkan dengan kunci socket atau ring.
Kunci pas dapat melepas baut dengan cepat. Kunci pas tidak boleh untuk mengencangkan atau mengendorkan baut yang belum kendor, karena dapat merusak kepala baut/mur, mengingat bidang sentuhnya hanya sedikit. Umumnya ukuran kepala berbeda antar sisi misalnya 9 mm dan 10 mm.

2. Kunci Pas – Ring (Combinatin Spanner)

Dapat digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut/mur terutama pada bagian-bagian yang tidak terjangkau oleh kunci socket. Kunci pas-ring cukup praktis, karena bagian ring, dapat untuk mengencangkan/ mengendorkan sedangkan bagian pasnya bisa untuk melepas dengan cepat. Hati-hati mengencangkan baut/mur ukuran kecil, karena dapat menyebabkan baut patah.

Peralatan Bengkel Otomotif
Kunci Pas – Ring (Combinatin Spanner)

3. Kunci Ring (Offset Ring Spanner)

Sudut offset yang lazim adalah 45o, namun tidak selalu demikian. Sudut ini memungkinkan spanner dapat terpasang tepat pada mur/baut, dengan posisi yang sulit. dan jika menggunakan spanner yang jenisnya lebih pipih akan terjadi kurangnya ruang antara yang cukup.

Peralatan Bengkel Otomotif
Kunci Ring (Offset Ring Spanner)
Ujung persegi menutupi sudut mur/baut sepenuhnya, kemungkinan wrench untuk tergelincir sangat kecil. Ketika membuka bolt pada ruang terbatas, wrench dapat diangkat dan dimasukkan kembali.
Jangan menggunakan extension pada wrench untuk meningkatkan torque. Wrench tidak didesain untuk diberi extension karena tidak akan tahan dan dapat slip atau mengalami kerusakan yang dapat berakibat cidera .

4. Kunci Nipel (Flare Nut Spanner)

Spanner ini digunakan untuk mengencangkan/melepas baut pada sambungan–sambungan pipa yang serupa dengan sambungan-sambungan yang digunakan pada injector line atau pipa rem. Ferrule nut wrench/flare nut spanner memiliki bentuk yang serupa dengan standard box end wrench, hanya slot di bagian ujung dan jaw yang berbeda.
Peralatan Bengkel Otomotif
Kunci Nipel (Flare Nut Spanner)
Bagian-bagian ujung wrench berbentuk miring 15 derajat dari shank dan ukurannya ditandai di bagian tengah shank. Wrench jenis ini dirancang untuk melonggarkan atau mengencangkan ferrule nut pada fuel line dan tidak boleh digunakan untuk tujuan umum atau aplikasi dengan torque tinggi. JANGAN menggunakan extension atau memukul dengan hammer untuk melipatgandakan kekuatan.

Ferrule nut wrencah/flare nut spanner tidak dirancang untuk penggunaan seperti di atas dan dapat terlempar dari fastener atau patah, yang dapat menyebabkan cidera. Wrench dalam penggunaannya harus ditarik, hindari mendorong atau menekan. Jika harus ditekan, tekan dengan tangan terbuka.

6. Kunci sock segi enam ganda (Double Hex Socket)

Alat ini berdinding tipis dan dibuat untuk digunakan dengan Alat penggerak yang dioperasikan dengan tangan. Alat ini sangat serbaguna karena cocok dipakai pada mur atau baut dalam 12 posisi yang berbeda-beda.
Peralatan Bengkel Otomotif
Kunci sock segi enam ganda (Double Hex Socket)

7. Kunci Busi (Spark Plug Socket)

Alat ini dipasang dengan sisipan karet yang tidak hanya mencegah porselin pada busi agar tidak pecah, melainkan juga menahan busi untuk memudahkan pelepasan dan pemasangan. Alat ini dibuat dengan bermacam-macam ukuran agar cocok dengan.

Peralatan Bengkel Otomotif
Kunci Busi (Spark Plug Socket)

8. Kunci Roda (Wheel Brace)

Alat ini digunakan untuk melepaskan dan memasang kembali pelak(lug) ataun mur (nut) pada roda. Alat ini biasanya mempunyai 3 atau 4 ujung socket dengan ukuran yang berbeda-beda. Hal ini membuat sebuah wheel brace cocok untuk berbagai penggunaan pada kendaraan.

Peralatan Bengkel Otomotif
Kunci Roda (Wheel Brace)

9. Kunci Allen (Allens Keys)

Kunci allen, disebut juga kunci inbus dibuat dari baja heksagonal high tensile, seringkali dibengkokkan dengan sudut yang tepat dan berbentuk huruf ”L” dan ada yang berbentuk huruf ”T”. Ada juga kunci allen yang dioperasikan seperti kunci sock . Allen key digunalan untuk melepaskan dan mengganti mur/sekrup dengan tengah kepala berbentuk segi enam (Allen headed cap).
Peralatan Bengkel Otomotif
Kunci Allen (Allens Keys)

10. Kunci Sock Bintang (Star Socket)

Sekilas kunci ini mirip kunci sock segi enam ganda, namun berbeda jenis kepala baut yang dapat dibuka dengan kunci ini. Penggunaanya dan kelengkapan lainnya sama dengan kunci sock biasa.
Peralatan Bengkel Otomotif
Kunci Sock Bintang (Star Socket)

11. Kunci Inggris (Adjustable Spanner)

Alat ini hanya digunakan bila spanner atau socket yang tepat untuk pekerjaan tersebut tidak tersedia.
Wrench ini memiliki head dengan salah satu jaw tetap dan jaw yang lainnya bisa disetel. Head memiliki sudut 22.50 terhadap shank atau handle. Adjustment screw yang di- knurling berguna untuk menggerakkan adjustable jaw dan berada ditengah-tengah head.
Peralatan Bengkel Otomotif
Kunci Inggris (Adjustable Spanner)
Adjustable wrench secara umum dipergunakan pada bolt atau nut ukuran tertentu (special) atau hanya ketika open end, box end atau combination wrench tidak tersedia. Meskipun adjustable wrench dapat
dipergunakan pada macam-macam ukuran, namun tidak dapat mencengkeram nut atau bolt seaman standard wrench dan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk slip dan merusak fastener.

Wrench ini tidak dirancang untuk pekerjaan service yang berat dan tidak boleh digunakan di tempat yang memerlukan tenaga yang kuat. Selalu kencangkan jaw dengan aman pada fastener sebelum menggunakan wrench.

Pastikan adjustable jaw menghadap ke si pemakai tool ketika menarik wrench. Hal ini akan menempatkan tenaga yang lebih besar pada stationary jaw dan membantu mempertahankan cengkeraman yang kuat pada fastener. HINDARI MENDORONG adjustable wrench, memukulnya dengan hammer, atau menggunakan extension.

Rangkuman

Kunci dalam arti peralatan perbengkelan memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membuka dan mengencangkan (mengunci) sebuah baut terhadap murnya atau sebaliknya. Ditinjau dari bidang kontak kunci terhadap mur/baut dapat dibagi dua macam yaitu kunci dengan kontak sebagaian dan kontak secara menyeluruh.

Kunci pas adalah kunci yang memiliki kontak sebagian. Besar kecilnya kontak menentukan fungsinya, misalnya kunci sock, memiliki kontak yang sangat besar, maka fungsinya adalah untuk mengencangkan baut/mur dengan tingkat kekencangan tinggi, sedangkan untuk kekencangan sedang digunakan kunci ring. Adapun kunci pas hanya untung melepas/memasang baut/mur agar lebih cepat, jadi bukan untuk mengencangkan.

Tags : Jenis Kunci Peralatan Bengkel Otomotif, Kunci-Kunci (Spanner), Kunci Pas (Open End Spanner), Kunci Pas – Ring (Combinatin Spanner), Kunci Ring (Offset Ring Spanner), Kunci Nipel (Flare Nut Spanner), Kunci sock segi enam ganda (Double Hex Socket), Kunci Busi (Spark Plug Socket), Kunci Roda (Wheel Brace), Kunci Allen (Allens Keys), Kunci Sock Bintang (Star Socket), Kunci Inggris (Adjustable Spanner), hand tools and machine tools or Power tools, Otomotif SMK Kelas 10.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Peralatan Bengkel Otomotif : Jenis dan Fungsinya"

close