Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemeriksaan Distributor di Mobil

Pemeriksaan Distributor di Mobil

Pemeriksaan Distributor di Mobil - Distributor digunakan pada system pengapian konvensional. Distributor ini berguna untuk membagi listrik ke busi. Di distributor inilah terdapat platina, yang fungsinya untuk memutus dan menyambung arus listrik dari koil ke massa. 

Dengan kerja platina itulah maka terjadi induksi atau penaikkan tegangan di koil. Kerja distributor sangat vital pada sisem pengapian, maka diperlukanlah pengecekan atau pemeriksaan pada komponen yang satu ini, sehingga kerja pengapian di busi dapat berjalan dengan baik. 

Langkah pemeriksaan distributor memerlukan peralatan fuller gauge dan alat vakum. Kedua alat ini yang akan digunakan untuk memeriksa kondisi distributor.

Pemeriksaan distributor:

  1. Lepas tutup distributor beserta dengan kabel tegangan tinggi.
  2. Ukur celah antara cam dan rubbing block dengan fuller gauge. Jika celah 0,4 – 0,5 mm artinya celah tersebut baik. Tapi bila kurang atau lebih dari celah tersebut di atas, maka lakukanlah penyetelan.
  3. Ukur celah antara cam dan pegas peredam. Celah antara cam dan pegas redam harus di antara kisaran 0,05 – 0,45 mm. Jika hasil pengukuran dengan fuller gauge tersebut menunjukkan lebih atau kurang dari ketentuan, maka perlu dilakukan penyetelan.
  4. Pemeriksaan vakum advancer. Lepas selang dari vakum advancer yang ke mesin. Lalu pasangkan alat vakum ke saluran A atau B pada vakum advancer tersebut. Jika vakum advancer bergerak maka vakum advancer baik. Tapi bila tidak bergerak, maka vakum advancer sudah rusak dan harus diganti.
  5. Periksa governor advancer. Pemeriksaan ini cukup menggunakan tangan saja, dengan cara memutar rotor ke kiri atau ke kanan, tapi jangan dipaksa. Jika rotor setelah digerakkan ke kiri atau ke kanan, lalu dapat kembali ke posisi semula, artinya governor advancer baik. Tapi bila tidak bisa digerakkan atau tidak bisa kembali dengan cepat rotor tersebut setelah diputar, artinya governor advancer sudah rusak.
  6. Pemeriksaan terakhir adalah pemeriksaan rotor terhadap porosnya. Pastikan antara rotor dengan porosnya terpasang dengan kencang atau tidak goyang. Jika goyang, maka rotor harus diganti.

Pemeriksaan pada distributor ini akan berpengaruh pada sudut dwell dari pengapian. Selain itu timing pemajuan pengapian dapat berlangsung dengan tepat. Pemajuan pengapian di distributor ini dilakukan berdasarkan kevakuman  dari mesin dan kecepatan putaran mesin. 

Untuk pembaca kevakuman dari mesin maka di distributor terdapat komponen vakum advancer. Sedangkan untuk memajukan pengapian berdasarkan kecepatan mesin, maka di distributor terdapat governor advancer. 

Sedangkan untuk penyetelan celah pada platina dan rubbing block tersebut mempengaruhi sudut dwell. Sudut dwell ini menentukan lama waktu pembukaan platina. Dan secara keseluruhan penyetelan distributor yang tepat akan mempengaruhi kelangasaman putaran mesin dan akselerasi dari mesin saat peda gas diinjak. 

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pemeriksaan Distributor di Mobil"