Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SISTEM PELUMASAN DAN PENDINGINAN

SISTEM PELUMASAN DAN PENDINGINAN

SISTEM PELUMASAN DAN PENDINGINAN  - Pelumasan adalah proses memberikan lapisan minyak pelumas di antara dua permukaan yang bergesek. Semua permukaan komponen motor yang bergerak seharusnya selalu dalam keadaan basah oleh bahan pelumas. 

Fungsi utama pelumasan ada dua yaitu mengurangi gesekan (friksi) dan sebagai pendingin. Bila terjadi suatu keadaan luar biasa, dimana sistem pelumasan tidak bekerja, maka akan terjadi gesekan langsung antara dua permukaan yang mengakibatkan timbulnya keausan dan panas yang tinggi. 

Bahan pelumas di dalam mesin bagaikan lapisan tipis (film) yang memisahkan antara permukaan logam dengan permukaan logam lainnya yang saling meluncur sehingga antara logam-logam tersebut tidak kontak langsung. 

Selain seperti yang diterangkan diatas, bahan pelumas juga berfungsi sebagai sekat (seal) pada cincin torak yang dapat menolong memperbesar kompresi motor. 

Kegagalan pada sistem pelumasan tidak hanya berakibat rusaknya sepeda motor tetapi juga dapat menimbulkan kebakaran dan kecelakaan pengemudi. 

Kebakaran akan terjadi disebabkan oleh bagian yang panas dapat melelehkan pembalut kabel dan karenanya akan segera terjadi hubungan singkat dan percikan api. 

Bahan bakar bensin menyambar percikan api dan akan terjadi kebakaran. Pelumasan dinding silinder merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan. 

Fungsi pelumasan disini sebagaimana dikatakan bukan saja untuk mengurangi gesekan tetapi juga untuk perapat. Dengan adanya minyak pelumas antara ring piston dan dinding silinder maka diharapkan kebocoran kompresi dari langkah usaha dapat dihindarkan. 

Untuk menjamin pelumasan dinding silinder maka dipasang ring oli. Ring oli tidak dapat bekerja dengan baik jika pelumas terlalu kental, atau bila terjadi lumpur (sludge) pada celah ring. 

Begitu pentingnya fungsi dan peran minyak pelumas, maka diperlukan sistem pelumasan yang bekerja dengan pasti, mudah dikontrol dan dipelihara. Fungsi minyak pelumas secara keseluruhan ialah untuk mencegah atau mengurangi: 
  1. Gesekan 
  2. Persentuhan bidang kerja 
  3. Pemanasan yang berlebihan 
  4. Keausan 
  5. Karatan 
  6. Pengendapan kotoran 
Jika sistem pelumasan pada suatu mesin tidak dilakukan maka akan mengakibatkan hal-hal berikut ini: 
  • Bagian peralatan yang bergesekan akan cepat aus. 
  • Timbulnya panas yang berlebihan; 
  • Tenaga mesin berkurang; 
  • Timbul karat/korosi; 
  • Umur pemakaian berkurang. 
Sehingga pelumasan yang teratur dan selalu memperhatikan mutu minyak pelumas dapat memperpanjang usia motor bakar terhadap kerusakan, karena terhindar dari: 
  1. Keausan silinder 
  2. Terbakarnya bantalan 
  3. Pengotoran busi 
  4. Kemacetan cincin-cincin torak 
  5. Pelumpuran 
  6. Deposit 
  7. Pemborosan bahan bakar
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "SISTEM PELUMASAN DAN PENDINGINAN "

close