Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Drill Press Atau Bench Drill

Drill Press Atau Bench Drill

Drill Press Atau Bench Drill - Bench drill adalah machine berukuran kecil yang sangat bermanfaat, terdiri dari berbagai model dan kecepatan, dilengkapi dengan drill chuck atau morse taper No 1 atau 2 untuk pemasangan drill atau cutting tool. 

Kapasitas maksimum dari bench drill adalah diameter 13 mm. Dilengkapi dengan meja yang memungkinkan benda kerja dapat dijepit, dengan memutar meja dan swivel pada shank memungkinkan benda kerja digeser di bawah mata drill tanpa melepaskan cekaman. 

Mesin dengan meja persegi biasanya dipusatkan pada tiang swivel, yang memungkinkan gerakan miring pada sudut tertentu untuk membuat permukaan menjadi vertikal. Beberapa dari mesin ini dapat memiliki shank yang lebih tinggi yang ditanamkan pada lantai dan umumnya disebut pedestal drilling machine. 

Tujuan pengeboran adalah untuk membuang logam sebanyak mungkin dalam waktu tertentu tanpa harus menajamkan drill terlalu sering. Hal ini membutuhkan: 

  • Dimensi mata bor yang benar sesuai dengan logam yang sedang dibor. 
  • Kombinasi kecepatan, pemakanan dan cairan potong yang benar. Untuk mengembangkan aturan umum dalam pemilihan kombinasi yang sesuai, perhatikan hal-hal berikut: 
    • Kecepatan spindle dapat divariasikan ketika menggunakan bench drilling machine, mesin bubut, dsb. 
    • Cara kerja drill mirip dengan cara kerja mesin bubut. Rumus yang digunakan untuk menghitung kecepatan pemotongan pada mesin bubut dapat juga digunakan pada drill.

Kecepatan Drill

Sudut luar adalah bagian cutting lip yang paling berat bebannya pada saat pemotongan. Misalnya, dalam satu putaran sudut luar memotong dua kali lebih banyak logam daripada bagian tengah cutting lip. 

Jenis material yang berbeda memiliki kecepatan potong yang berbeda dan kecepatan potong ini harus diaplikasikan pada rumus yang digunakan untuk mengetahui rpm saat pengeboran. Kecepatan potong untuk suatu material dinyatakan dalam feet per menit atau dalam meter per menit. 

Tabel di bawah adalah petunjuk mengenai nilai yang berlaku bagi sejumlah logam dari jenis yang disebutkan. 
Drill Press Atau Bench Drill
Drill Press Atau Bench Drill
Kecepatan yang dianjurkan untuk drill adalah kecepatan potong ideal untuk sudut luar sisi potongnya. Pilihlah berapa kecepatan (rpm) mesin yang harus digunakan sehingga memberikan kecepatan potong yang sesuai pada drill.

Feed pada drill 

Feed mengacu pada kecepatan drill yang memotong benda kerja. Feed dinyatakan dalam satuan inchi atau milimeter per putaran. 

Untuk logam tertentu feed yang diizinkan dibatasi oleh diameter drill. Drill HSS yang berputar pada kecepatan pemotongan yang benar dapat memiliki tingkat kecepatan feed 0,02 mm/putaran per 1 mm diameter drill. Tingkat kecepatan feed dikendalikan oleh: 

  • Feed control yang dioperasikan tangan.
  • Tekanan langsung dari portable drill. 
  • Tingkat kecepatan feed yang dihitung dan dikendalikan oleh feed otomatis pada drilling machine.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Drill Press Atau Bench Drill"