Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci momen (Tension Wrench)

Kunci momen (Tension Wrench)
Kunci momen (Tension Wrench) - Kunci momen (torgue wrench) digunakan untuk mengukur gaya punter pada baut dan mur agar mencapai momen kekencangan tertentu. Jenis kunci momen yang ada terdiri atas model deflecting beam (batang jarum), model dial indicator, dan model setting micrometer. 

Kunci momen model deflecting beam, menunjukkan besar ukuran momen kekencangan oleh sebuah batang penunjuk. Batang oenunjuk akan bergerak dan menunjuk pada skala tertentu seiring dengan besarnya momen pengencangan yang dilakukan. 

Pada model lain, momen kekencangan yang diinginkan dapat diatur dengan cara menyetel ukuran kekencangan (setting micrometer) pada tangkai kunci momen. Kunci shock dengan ukuran tertentu mengencangkan baut atau mur. 

Agar kunci momen dapat digunakan sesuai fungsinya, pada tahap awal pengerasan sebuah baut atau mur gunakanlah kunci biasa seperti kunci ring, pas atau shock. 

Kunci momen hanya dipakai pada pengerasan akhir serta mengetahui besarnya momen kekencangan yang diharapkan sesuai spesifikasi kekencangan baut atau mur. 

Contoh penggunaan kunci momen misalnya pada penyetelan baut kepala silinder dan baut-baut pada unit differensial (pada mobil). Penyetelan momen kekencangan baut/mur yang baik dilakukan secara bertahap sampai diperoleh momen kekencangan yang sesuai. 

Cara menggunakan kunci momen adalah kepala kunci momen ditahan agar kunci shock tetap pada posisi yang benar sambil menarik gagang kunci momen searah jarum jam. 

Setiap kunci momemn memiliki momen maksimum (maximum torque), yang merupakan batas tertinggi kekencangan yang dapat diukur oleh kunci momen. 

Agar penggunaannya sesuai dengan fungsinya dan supaya alat ini tetap awet, gunakan kunci momen dengan ukuran kekencangan di bawah batas maksimum momen kekencangannya. 

Untuk ukuran kekencangan baut atau mur yang lebih besar, mekanik dapat menggunakan kunci momen lain dengan momen maksimum lebih besar. 

Pada ujung kunci momen (dekat dengan handle kunci momen) terdapat angkaangka yang menunjukkan nilai kekencangan dari mur atau baut yang ingin dikencangkan. 

Jenis kunci momen

model deflecting beam (batang jarum)  

Kunci momen (Tension Wrench)
Kunci momen model deflecting beam, menunjukkan besar ukuran momen kekencangan oleh sebuah batang penunjuk. Batang penunjuk akan bergerak dan menunjuk pada skala tertentu seiring dengan besarnya momen pengencangan yang dilakukan.

model dial indicator

Kunci momen (Tension Wrench)
Kunci momen model dial indicator, menunjukkan besar ukuran momen kekencangan oleh sebuah indicator. Jarum penunjuk akan bergerak dan menunjuk pada skala tertentu seiring dengan besarnya momen pengencangan yang dilakukan.

Model Click Torque Wrench 

Kunci momen model ”Click” merupakan yang paling banyak digunakan karena sangat praktis. Cara menggunakanya cukup dengan menyetel sesuai ukuran kekencangan yang diinginkan, kemudian maka kunci momen akan member tanda bunyi clik saat kekencangan baut mencapai ukuran kekencangan sesuai penyetelan.

Kunci momen (Tension Wrench)

Bearing Splitter adalah puller khusus yang didesain untuk melepas bantalan yang berada pada posisi tidak dapat dijangkau oleh kaki puler biasa. Bantalan ini dapat dilepas dengan cara bearing spliter dipasang sedemikian rupa hingga memisahkan bantalan ini. 

Keraskan baut pengikat bearing spliter hingga mendesak bantalan lepas dari tempatnya. Clutch Aligning Tool digunakan untuk meluruskan atau memposisikan kanpas kopling (clutch disc) agar benar-benar ditengah sebelum baut plat penekan (pressure plate) dikencangkan. 

Hal ini dilakukan agar pemasangan transmisi atau input shaft transmisi mudah masuk ke dalam clutch disc. Tang ring torak adalah alat untuk membantu melepas dan memasang ring torak. 

Alat ini digunakan untuk memudahkan pemasangan ring torak, menghindari kerusakan atau cacat pada torak ataupun ring torak Valve spring compressor digunakan untuk melepas dan memasang pengunci katup pada tapper. 

Tanpa alat ini sangat sulit melepas atupun memasang katup pada kepala silinder. Untuk mengukur tekanan kompresi silinder digunakan Compression tester. 

Alat ini dibedakan menjadi pengukur tekanan kompresi untuk motor bensin dan pengukur tekanan kompresi motor diesel Traker ball joint memiliki beberapa bentuk yaitu ball joint splitter puller, splitter scissor, dan drafter ball joint splitter (fork). Ketiga macam tracker tersebut fungsinya adalah sama yaitu untuk memisahkan ball joint dari dudukanya.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Kunci momen (Tension Wrench)"