Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakteristik Industri Otomotif dan Komponen Otomotif di Hongaria

Karakteristik Industri Otomotif dan Komponen Otomotif di Hongaria

Industri otomotif merupakan salah satu sektor industri utama di Hongaria. Sektor ini memberi kontribusi hingga hampir 20% dari total ekspor negara Hongaria. Lebih dari 600 (enam ratus) perusahaan dengan tenaga aktif sekitar 100.000 orang bergerak pada sektor ini. 

4 (Empat) perusahaan besar dengan kaliber internasional yang memiliki fasilitas manufaktur di Hongaria antara lain yaitu Suzuki, Audi, General Motor dan Daimler AG. Rasio ekspor mobil buatan Hongaria adalah 94%, dimana 88% diantaranya berupa mesin utama dan komponen produksi lainnya. 

Saat ini terdapat sekitar 300 (tiga ratus) hingga 350 (tiga ratus lima puluh) perusahaan yang bergerak di segmen pembuatan komponen dan suku cadang otomotif di Hongaria. Termasuk didalamnya adalah pembuatan bagian utama dan modul, elemen elektrik, kaca, metalurgi dan kimia, dll. 

Terdapat 2 (dua) kategori jenis perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pembuatan komponen dan suku cadang otomotif di Hongaria, yaitu : 

1) Produsen yang secara eksklusif atau sebagian dari manajemennya berada dibawah pengawasan perusahaan asing

Jenis barang yang diproduksi perusahaan ini merupakan komponen suku cadang asli bagi merk kendaraan tertentu. 

Perusahaan seperti ini disebut juga original equipment manufacturer (OEM). Mereka biasanya sudah memiliki kemampuan modal yang tinggi dan dapat memproduksi produk-produk dengan kualitas terbaik. Mereka juga adalah pemasok utama bagi industri otomotif di negara tersebut. 

2) Produsen tradisional

yang merupakan mayoritas produsen yang berada di Hongaria. Kemampuan produsen tradisional biasanya terbatas pada peniruan komponen suku cadang asli (manufaktur suku cadang/ spare part) atau mengerjakaan proyek-proyek kecil berdasarkan komisi. 

Kebanyakan dari mereka memiliki keterbatasan dalam hal modal, keahlian ataupun tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk mengembangkan produksi. Disisi lain, mereka memiliki banyak kesempatan untuk menjadi sub-kontraktor dari pemasok lain, namun masih membutuhkan bantuan dari segi modal dan teknis.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Karakteristik Industri Otomotif dan Komponen Otomotif di Hongaria "

close