Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Talang Air Mobil

Cara Pasang Talang Air Mobil

Cara Pasang Talang Air Mobil - Cara pasang talang air mobil ini sebenarnya bisa dibilang tidak sulit, cukup dengan mempaskan posisinya dan melekatkan talang air tersebut ke pintu maka anda sudah bisa merasakan fungsi talang air mobil. 

Ya, setidaknya ada 3 fungsi utama talang air mobil yang bisa dirasakan manfaatnya, silahkan baca pada artikel fungsi talang air mobil (door visor) yang sudah pernah ombro posting sebelumnya.

Untuk pemasangannya bisa dilakukan oleh teknisi ataupun bisa juga dilakukan sendiri untuk menghemat biaya pemasangan. Lantas bagaimana cara memasang talang air mobil ini ? Berikut tips cara memasang talang air mobil.

1. Siapkan talang air mobil yang akan dipasang

Langkah pertama untuk memasang talang air mobil adalah dengan mempersiapkan talang air yang akan dipasang. Talang air mobil umumnya dijual per set, terdiri empat buah talang air untuk di pasang pada masing-masing pintu mobil.

Pisahkan terlebih dahulu talang air untuk sisi kiri depan dan belakang serta talang air untuk sisi kanan depan dan belakang guna mencegah kesalahan pemasangan. Setelah itu cocokan terlebih dahulu dimensi talang air dengan dimensi pintu mobil. Pastikan, lekukan dan potongan talang air yang akan dipasang memang cocok, tidak lebih tidak kurang.

2. Bersihkan area pemasangan talang air yang ada di pintu

Langkah kedua dari cara pasang talang air mobil ini adalah dengan membersihkan area pemasangan talang air yang ada di pintu. Bersihkan seluruh permukaan bagian atas pintu tempat pemasangan talang air dengan menggunakan air sabun / shampoo mobil.

Pastikan area yang akan dipasang talang air ini benar-benar bersih dari debu, kotoran, minyak, atau kotoran bekas lem. Cuci bersih area tersebut, kemudian keringkan dengan menggunakan kain lap hingga benar-benar bersih, kering, dan permukaannya terasa keset saat dipegang.

Kotoran dan debu yang tidak dihilangkan, dapat membuat lem pada talang air tidak dapat merekat dengan sempurna sehingga dapat membuat talang air mudah lepas.

3. Pasang dan lekatkan talang air pada pintu

Langkah ke tiga dari rangkaian cara memasang talang air adalah pasang dan lekatkan talang air pada pintu. Untuk mencegah lem menempel penuh ke pintu dan posisi talang air belum lurus, maka buka sebagian plastik penutup lem double tape yang ada di kedua ujung talang air yang akan dipasang. Biarkan sebagian sisi plastik penutup lem double tape tadi menjuntai di sisi kanan kiri talang air.

Setelah lem terbuka, posisikan talang air agar lurus dan sesuai dengan posisi di pintu. Setelah pas, rekatkan lem di kedua ujung sisi talang air. Selanjutnya adalah tarik keluar sisi plastik penutup double tape yang menjuntai tadi sambil menekan talang air ke pintu mobil agar lem menempel dengan kuat.

Lakukan cara yang sama untuk masing-masing pintu yang akan dipasang talang airnya. Tetap perhatikan posisi kerataan talang air antara depan dan belakang dan keserasian antara talang air sisi kanan dan sisi kiri.

4. Tunggu hingga lem benar-benar rekat dan menempel kuat

Setelah semua talang air terpasang dengan benar dan rata, tunggu sekitar 30 menit untuk memastikan lem yang digunakan benar-benar menempel dengan kuat dan erat sebelum mobil digunakan. Dengan begitu, kita bisa memastikan bahwa lem yang terpasang sudah kuat dan mencegah kemungkinan talang air terlepas dari area pemasangan.

Demikianlah artikel tentang cara pasang talang air mobil ini bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Pasang Talang Air Mobil"

close