Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan kunci pas ring dibandingkan kunci pas

Kelebihan kunci pas ring dibandingkan kunci pas

Sebagai alat bantu untuk memutar baut atau mur, keberadaan kunci-kunci bengkel memang sangat penting. Tanpanya, proses pekerjaan mekanik menjadi terganggu dan tidak dapat dikerjakan dengan baik dan benar. 

Dari sekian banyak kunci-kunci di bengkel, kunci pas dan kunci pas ring menjadi salah satu kunci yang paling sering digunakan. 

Kunci pas merupakan kunci yang pada kedua ujungnya memiliki kunci dengan ujung saling terbuka sesuai dengan ukuran kunci yang dimilikinya, sedangkan kunci pas ring (atau juga dikenal sebagai kunci kombinasi) adalah kunci yang pada ujung satunya memiliki bentuk dan model seperti kunci pas, dan di sisi ujung lainnya memiliki model dan bentuk seperti kunci ring.

Dalam penggunaan, kunci pas ring jauh lebih banyak memiliki kelebihan dibandingkan kunci pas. Apa saja kelebihan kunci pas ring? Berikut adalah kelebihan kunci pas ring dibandingkan kunci pas.

1. Praktis dalam penggunaan

Kelebihan kunci pas ring dibandingkan kunci pas yang yang paling mudah dilihat adalah kunci pas ring lebih praktis dibandingkan kunci pas. Ya, pada kunci pas ring terdapat dua model kunci dalam satu tuas dengan ukuran yang sama.

Ini artinya kita bisa memiliki kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh kunci pas dan juga kunci ring seperti misalnya untuk mencegah kepala baut atau mur slek maka kita bisa menggunakan kunci ring sebagai kunci pertama untuk memutar kepala baut tersebut.

Setelah mur atau kepala baut tersebut kendor, maka untuk mempercepat proses pelepasan, maka kita bisa mengganti kunci ringnya dengan menggunakan kunci pas

Hal ini tentu saja akan memudahkan kita dalam menentukan kapan waktu untuk menggunakan kunci bagian ring nya dan kapan menggunakan kunci pasnya. Dengan begitu, maka proses pekerjaan untuk memutar baut atau mur menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

2. Bisa digunakan pada sudut putar yang sempit

Kelebihan kunci pas ring dibandingkan kunci pas yang selanjutnya adalah kunci pas ring bisa digunakan pada sudut putar yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan kunci pas.

Perlu diketahui bahwa kunci pas membutuhkan ruang gerak dengan minimal sudut putar sebesar 90 derajat agar ia bisa bergerak , sedangkan jika kita menggunakan kunci pas ring (khususnya saat menggunakan kunci ringnya) maka sudut gerak yang dibutuhkan bisa lebih kecil dibanding dengan kunci pas.

Dengan begitu, maka proses memutar baut atau mur pada ruang gerak yang sempit tetap bisa dilakukan dengan menggunakan kunci pas ring tersebut tanpa khawatir tidak mendapatkan sudut gerak untuk memutar kunci tersebut.

3. Memiliki area cengkram yang lebih luas

Kelebihan kunci pas ring selanjutnya yang tidak dimiliki oleh kunci pas adalah kunci pas ring memiliki area cengkram yang lebih luas dibandingkan dengan kunci pas.

Hal ini bisa didapatkan pada bagian kunci ringnya, karena pada bagian kunci ring, kunci ini memiliki ujung yang membulat sehingga ketika dipasangkan pada kepala baut atau mur, area cengkram yang dimilikinya menjadi lebih luas dibandingkan dengan kunci pas.

Area cengkram yang menyeluruh pada setiap sisi kepala baut atau mur tentu saja akan membuat kunci ring tidak mudah selip dan tidak mudah tergelincir. Kondisi ini tentu saja dapat meminimalisir kerusakan pada kepala baut atau mur seperti slek dan rusak jika dibandingkan dengan kunci pas.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Kelebihan kunci pas ring dibandingkan kunci pas"

close