Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Motor Jadul Ini Sempat Booming

Merek-merek motor jadul, dan cukup asing di telinga, ini pernah merajai jalanan Indonesia, terutama di kota besar semacam Jakarta. Ngomongin tentang jadul kayanya mewakili umur saya Jadi, lupakan sejenak nama-nama semacam Honda, Yamaha, Suzuki, atau Kawasaki.

1. Biemme BMC

5 Motor Jadul Ini Sempat Booming

Ini adalah salah satu motor asal Italia yang sempat wara-wiri di jalanan Jakarta pada dekade 70-an. Biemme BMC secara garis besar mengusung desain ala scrambler, namun dengan bodi yang lebih mungil.

Keunikan motor ini terletak pada posisi setang yang sedikit agak tinggi. Sementara, di sektor jantung pacu, Biemme BMC membawa mesin berkapasitas 50cc.

2. Ducati Luxor

5 Motor Jadul Ini Sempat Booming

Kuda besi ini sebenarnya gak bisa dibilang sebagai motor tulen karena masih menyematkan sepasang pedal mirip sepeda kayuh. Meski begitu, pabrikan Italia sudah memasang mesin tipe 4-tak, berkapasitas 50cc, yang terbilang maju di eranya.

Ducati Luxor sempat menjadi idola masyarakat Indonesia di dekade 50-an silam. Dan sekarang, sepeda motor ini diburu para kolektor barang antik, yang membuat harganya menembus ratusan juta rupiah.

3. SACHS Hada

5 Motor Jadul Ini Sempat Booming

SACHS saat ini mungkin lebih populer karena kemitraannya dengan Minerva yang menghasilkan model seperti Minerva Naked 250 dan Minerva RX150. Tetapi, jauh sebelum itu, SACHS pernah merilis model Hada, sebuah motor bebek, di dekade 80-an.

Motor ini sendiri membawa desain yang lumayan unik, sekilas mirip sepeda kayuh. Bodi yang diusung cenderung kaku, dengan tangki berada di antara pijakan kaki dan setang. Setang mirip kepunyaan BMX, sedangkan headlamp hadir dengan bentuk kotak agak bulat.

4. Norton ES2

5 Motor Jadul Ini Sempat Booming

Sepeda motor ini pertama kali melantai di Tanah Air sekitar tahun 1952 silam. Kala itu, Norton ES2 dihadirkan langsung dari negara asalnya, Inggris, untuk meremajakan kendaraan para petugas lapangan.

Sudah dirancang sejak tahun 1927, Norton ES2 awalnya ditujukan sebagai kendaraan sport. Keunggulan sepeda motor bermesin 490cc ini adalah mudah dalam hal maintenance, tangguh di jalanan, dan punya desain tradisional yang unik.

5. HMW Admiral

5 Motor Jadul Ini Sempat Booming

Sebuah merek asal Austria, motor ini sempat menghiasi jalanan ibukota Jakarta pada dekade 50-an. Seperti Hummel rilisan DKW, HMW Admiral juga punya bentuk mirip sepeda kayuh. Saat ini, HMW Admiral sudah sulit ditemukan. Jika pun ada, harga sepeda motor tersebut diklaim bisa mencapai angka Rp25 jutaan.

Posting Komentar untuk "5 Motor Jadul Ini Sempat Booming"