Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Titik Panas Mobil yang Harus Di Waspadai Selain Mesin

Sebagaimana sebuah mobil yang menggunakan mesin berpenggerak dan bahan bakar, untuk menjalankan mobil maka sumber kelistrikan dan pengapian membutuhkan bahan bakar agar energi panas yang dihasilkan pada kendaraan menjadi energi gerak.

Energi gerak dengan kecepatan dan putaran tertentu mengakibatkan mesin jadi panas hingga diatas (normal jika mobil tidak dalam kondisi terbaiknya). Bagian mesin pada mobil secara garis besarnya adalah dapur pacunya atau jeroan mobil dimana sumber energi tersimpan disana dan suhu panas terpusat.

Dan beberapa bagian besar, seperti komponen utama, sistem pelumasan, sistem pendinginan, dan lain sebagainya berkumpul dibagian mesin ini.

Tapi ternyata selain bagian mesin tempat bercokolnya suhu panas ada bagian lain yang sebetulnya kita mengenali tapi kadang kurang 'aware' dengan keberadaannya  padahal bagian ini termasuk penting demi menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara. Apa saja?

1. BAN

Titik Panas Mobil yang Harus Di Waspadai Selain Mesin

Ban, salah satu penerima beban mobil harus memiliki kekuatan dan daya tahan baik saat mobil diam apalagi bergerak. Ban menjadi cepat panas disebabkan oleh gesekan permukaan luar ban dan permukaan aspal. Semakin kencang ban berputar dan ber-manuver maka ban akan panas dan bisa saja terbakar.

2. KABIN

Titik Panas Mobil yang Harus Di Waspadai Selain Mesin

Kabin, ruangan yang menjadi tempat manusia selama berada di dalam mobil. Penyebab kenapa kabin mobil terasa panas ada beberapa sebab diantaranya adalah kondisi AC yang perlu perawatan, kualitas penolak kaca film yang kurang bagus, parkir di tempat panas dan beberapa panas disebabkan oleh suhu yang masuk dari mesin. Untuk membuat kabin nyaman kembali maka bagian tadi harap diperiksa, perawatan atau kalau perlu dilakukan penggantian.

3. LAMPU

Titik Panas Mobil yang Harus Di Waspadai Selain Mesin

Lampu, ada yang pernah mengalami bagian reflektor atau batok lampu meleleh karena kepanasan? Ini umumnya disebabkan oleh pemilihan lampu dengan daya yang (terlalu besar) tidak sesuai dengan rekomendasi pabrik, jika ingin mengganti lampu aftermarket sebaiknya tanyakan ke penjual apakah lampu itu sesuai dengan tipe mobil terutama model socket dan tegangannya. Sebab lain ternyata bisa juga karena pemasangan socket relay yang kendor atau tidak kencang.

5. KAMPAS DAN PIRINGAN CAKRAM

Titik Panas Mobil yang Harus Di Waspadai Selain Mesin

Ya, kalau kampas dan piringan cakram termasuk sering panas sih, tapi supaya panasnya tidak berlebih bahkan sampai membahayakan sebaiknya teknik pengereman diperbaiki. Mengerem terus-menerus tanpa jeda yang benar dan teratur akan membuat kampas dan cakram cepat panas, terlebih jika mobil bertemu dengan jalan menurun (seperti tiada akhir) dan beban yang berat maka sebaiknya variasikan pengereman dengan teknik engine brake.

Nah, ternyata setelah kita ketahui beberapa bagian yang berpotensi panas pada mobil selain mesin tetap perlu mendapat perhatian yang tidak kalah penting. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya perawatan perlu dilakukan agar kenyamanan dan keselamatan selalu kita dapatkan saat berkendara.

Posting Komentar untuk "Titik Panas Mobil yang Harus Di Waspadai Selain Mesin"