Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Cara Kerja Karburator

Karburator berfungsi untuk merubah bahan bakar dalam bentuk cair menjadi kabut bahan bakar dan mengalirkan ke dalam silinder sesuai dengan kebutuhan mesin. Karburator mengirim sejumlah campuran udara dan bahan bakar melalui intake manifold menuju ruang bakar sesuai dengan beban dan putaran mesin. 

Konstruksi dasar karburator dapat dilihat pada gambar diatas. Bagian karburator yang diameternya menyempit (bagian A) disebut venturi. Pada bagian ini kecepatan aliran udara yang masuk semakin tinggi sehingga kevakumannya semakin rendah. Dengan demikian pada bagian venturi bahan bakar yang dapat terhisap semakin banyak. 

Pertama

Putaran Langsam/ Stationer adalah putaran engine terendah tanpa beban sesuai dengan spesifikasi pabrik. Pada kondisi ini throttle valve dalam keadaan tertutup, saluran utama tidak mengeluarkan bahan bakar. 

Udara mengalir melalui slow air bleed menuju saluran slow jet. Jumlah campuran bahan bakar dan udara yang dihasilkan umumnya hanya cukup untuk mempertahankan engine tetap hidup. Pada kondisi ini saluran-saluran yang aktif adalah slow air bleed dan slowjet.

Cara Kerja Karburator

Kedua

Putaran Menengah adalah engine berputar kira-kira setengah putaran maksimum engine dan posisi throttle valve berada pada setengah lintasan maksimumnya. Pada kondisi ini venturi yang terbentuk kira-kira setengah dari venturi maksimum. 

Dalam keadaan ini, udara mengalir melalui saluran venturi dan saluran udara idle (slow air bled). Jarum skep terangkat mengikuti gerakan throttle valve, mak bahan bakr akan mengalir dari main jet dan juga dari saluran iddle. 

Jumlah bahn bakar yang keluar dari saluran utama akan diatur oleh jarum skep yang terbentuk terus, yaitu sesuai dengan celah yang ada antar saluran utama dan jarum skep. Komponen-komponen yang aktif dalm kondisi engine pada putaran menengah adalah ; venturi air bleed, slowjet, mainjet, jet iddle, piston valve.
Putaran Menengah

Ketiga

Putaran tinggi adalah engine berputar pada putaran maksimum. Dengan demikian, throttle valve berada dalam kondisi terbuka penuh dan jarum skep terangakat seluruhnya hingga lubang saluran utama tidak tertutup lagi oleh jarum skep. 

Udara akan mengalir melalui venturi yang telah membuka maksimum, udara akan “menarik” bahan bakar sepenuhnya melalui saluran utama. Komponen-komponen yang aktif pada putaran tinggi adalah venturi ; jet needle, mainjet, dan main air bleed.
Putaran Tinggi

Posting Komentar untuk "Fungsi dan Cara Kerja Karburator"