Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PEMELIHARAAN TOOL DAN EQUIPMENT

PEMELIHARAAN TOOL DAN EQUIPMENT

1. Pemeliharaan Dalam Penggunaan Hand Tool 

PEMELIHARAAN TOOL DAN EQUIPMENT - Hand tool dapat menyebabkan cidera jika salah penggunaannya atau tidak pada tempatnya, demikian juga jika tool yang benar digunakan tidak hati-hati, atau tidak diletakkan dengan aman, maka dapat mengakibatkan cidera. 

Pastikan memilih jenis dan ukuran tool yang benar untuk suatu pekerjaan. Periksalah kondisi setiap tool sebelum menggunakannya. Jangan menggunakan tool yang sudah aus atau rusak. Jagalah agar tool tetap dalam kondisi baik dan ingat bahwa tool pemotong harus tajam dan harus aman. 

Pastikan menggunakan setiap tool dengan cara yang benar. Tempatkan tool pada shadow board atau di tempat yang benar ketika tidak menggunakannya. Jangan menggunakan hammer untuk membantu memutar wrench. 

Jangan memanjangkan wrench dengan pipa atau cara lain untuk meningkatkan torque. Jangan memukul permukaan yang dikeraskan (ball race, dsb) dengan hammer, karena satu atau kedua permukaan itu bisa pecah dan terpental. 

Jangan menggunakan wrench atau tool lain yang terlapisi oli atau grease. Jangan membawa screwdriver, chisel atau tool tajam di dalam saku baju kerja. Jangan menggunakan wrench sebagai hammer. 

2. Pemeliharaan Dalam Penggunaan Mesin 

Mesin dapat menyebabkan kecelakaan serius jika digunakan dengan tidak benar atau ketika orang secara tidak sengaja bersentuhan dengan bagian yang bergerak. Suatu hal penting yaitu hanya boleh menjalankan mesin jika telah ditraining untuk menggunakannya dan telah mendapat surat izin untuk menggunakannya. 

Jangan pernah takut untuk mengatakan “tidak tahu” cara menggunakan suatu mesin. Apabila tidak berani mengucapkan hal ini maka dapat berakibat fatal. Jauhkanlah tangan dari bagian yang bergerak dan patuhilah peraturan berikut. 

Guard yang tidak berfungsi dengan benar harus segera dilaporkan dan mesin tidak boleh dioperasikan sebelum guard tersebut berfungsi kembali. Jangan melepaskan guard kecuali saat membersihkan, melumasi, mengatur atau memperbaiki mesin. 

Ketika guard dilepaskan saat akan melakukan perawatan atau pengaturan, guard harus dipasang kembali sebelum mesin dihidupkan. Tool pelindung dan tool keselamatan tidak boleh dibiarkan dalam keadaan tidak berfungsi. 

Benda kerja yang akan dikerjakan dalam mesin harus dicekam dengan cara yang aman di dalam vice atau jig. Jangan mencoba memegangnya dengan tangan bahkan untuk drill kecil sekalipun. Jangan menghidupkan grinding wheel sebelum memeriksa apakah pelindung dan wheel tersebut dalam kondisi yang baik serta benda kerja dicekam dengan baik. 

Jangan memakai sarung tangan saat bekerja dengan grinding wheel. Jangan pernah mencoba membuang potongan atau geram dari mesin dengan tangan. Gunakan brush atau pengait (hook), dan lakukan dalam keadaan tidak bergerak. 

Cabut / matikan semua sambungan mesin dan jangan membersihkan saat power supply masih terhubung. Jika perlu untuk mematikan hubungan di titik supply, pastikan bahwa switch mesin dimatikan. Hal ini diperlukan untuk mencegah mesin hidup secara tiba-tiba ketika listrik dihidupkan kembali. 

3. Perawatan dalam Penggunaan Portable Electric Power Tool 

Portable electric power tool dapat menjadi sumber bahaya baik secara mechanical maupun electrical, kecuali jika dipelihara dan digunakan dengan benar. Electrical safety dapat dicapai dengan beberapa metode. Salah satunya adalah menanamkan kabel ketiga (ground) ke dalam tanah. 

Kabel ini harus dihubungkan ke tool pada pin ground yang merupakan salah satu dari three pin outlet. Saat plug ini dimasukkan ke pin ground yang benar, maka casing dari tool itu telah terhubung dengan ground. Hal ini mencegah casing tool bertegangan, meskipun terjadi hubungan singkat. 

Untuk portable electric power tool, gunakan hanya extension lead yang terdiri dari tiga core. Lead semacam itu harus memiliki sirkuit yang dihubungkan ke ground dengan aman dan terus menerus. 

Seorang electrician yang baik harus memeriksa semua tool, fitting dan lead secara teratur. Sebagai pengaman tambahan, power tool yang dihubungkan ke ground dapat dihubungkan ke three pin outlet pada transformator yang memiliki isolating transformer. 

Hal ini akan memberikan perlindungan meskipun sistem ground dari tool tidak berfungsi. Jangan menghubungkan lebih dari satu tool pada isolating transformer. Cara alternatif untuk memberikan pengamanan tambahan bagi power tool yang dihubungkan ke ground adalah dengan menghubungkannya ke three pin outlet pada tool pelindung khusus. 

Gunakan selalu pengaman tambahan apabila tersedia, misalnya, core balance earth leakage circuit breaker. Dalam metode lainnya, tool dibuat double insulated. Metode ini memiliki dua perangkat isolasi terpisah di antara part yang mengalirkan arus listrik dengan logam apa pun yang mungkin menyentuhnya. 

Metode ini diberi label “Do not earth”, “Double Insulated”. Ada Peraturan Pemerintah, yang melarang penggunaan mesin berbahaya bagi orang di bawah umur (biasanya di bawah 18 tahun) seperti gergaji berputar (power driven circular saw). 

Sebelum menggunakan portable electric tool, periksalah bagian casing, brush cap, switch, lead dan plug untuk memastikan bahwa tool tersebut tidak rusak. Jangan menggunakan tool apa pun yang casing, brush cap, switch, lead atau plug sudah rusak, mengalami overheating atau bau terbakar. 

Pasanglah tag “Out of Service” pada tool tersebut. Seorang Electrician yang ahli akan memasang tag dengan benar pada kabel-kabel listrik, tool yang sudah perksa atau diperbaiki. Jangan memberi beban yang berlebihan pada tool atau jangan menghubungkannya pada power supply yang memiliki voltage tidak sesuai. 

Bacalah name plate dengan seksama dan ketahuilah apa arti dari masingmasing item. Jangan membawa atau menggantung portable tool pada lead. Peganglah tool dengan aman saat digunakan dan letakkan dengan hati-hati setelah tool berhenti berputar. 

Bagian yang akan dibor atau digerinda harus ditahan dengan aman pada posisinya dengan menggunakan clamp atau vice. Peganglah tool dengan kuat ketika berputar, karena tool cenderung bergerak saat dinyalakan. 

Juga bersiaplah untuk menahan gerakan putar dari portable drill yang besar saat mulai memotong atau menekan. 

Pastikan ventilasi udara tidak tersumbat, bebas dari debu dan kotoran. Jagalah agar tool tidak basah dan lebih berhati-hatilah dalam situasi lembab (misalnya, jangan membiarkan lead terkena air, gunakan rubber soled shoes dan rubber glove). 

Bukalah extension lead sepenuhnya dari gulungan sebelum menggunakannya. Jika digunakan dalam kondisi masih tergulung, panas dapat timbul dan dapat merusak pembungkus kabel serta dapat menyebabkan kebakaran. 

Gunakan extension lead dengan benar. Pastikan bahwa tool pada posisi “OFF” dan hubungkan ke extension lead. Hubungkan extension lead ke outlet listrik dan hidupkan power pada posisi “ON”. Operasikan tool dengan benar. 

Pertimbangkan keselamatan orang lain ketika menggunakan tool ini. Berhatihatilah untuk tidak membuat orang lain tersandung oleh lead. 

Periksa bagian belakang sebelum melakukan pengeboran. Pastikan orang lain tidak akan terkena oleh percikan api yang beterbangan, logam panas, dsb (gunakan screen pelindung). Jangan meninggalkan tool dalam keadaan terpasang dalam sambungan listrik.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "PEMELIHARAAN TOOL DAN EQUIPMENT"

close