Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakteristik Komunitas Mobil

Karakteristik Komunitas Mobil

Karakteristik Komunitas Mobil - Perkumpulan pemilik kendaraan roda empat biasanya membentuk perkumpulan yang biasanya disebut Komunitas Mobil (Car Community), dimana tiap Komunitas Mobil memiliki karakteristik yang berbeda antara komunitas satu dengan yang lainnya. 

Dalam sebuah komunitas, karakteristik sangatlah penting baik pada komunitas skala besar maupun kecil. Karakteristik tersebut yaitu sarana untuk berbagi perasaan yang sesungguhnya, memberi semangat satu dengan lainnya, mendukung satu dengan lainnya, memaafkan, kejujuran, mengakui kelemahan/ kerendahan hati, menghargai setiap perbedaan, dan rutinitas. 

Sedangkan karakteristik pada Komunitas Mobil yaitu style kendaraan, gaya hidup, tingkat kemampuan/ daya beli suatu produk otomotif, dan rutinitas berkumpul. Komunitas Mobil ini memiliki beberapa karakter antara lain Elegan, Menyatu, Atraktif, Rekreatif, Dinamis, Terbuka, dan Sporty.

Elegan 

Karakter yang sederhana, apa adanya, tidak berlebihan, akan tetapi memiliki nilai seni yang lebih dan tidak ketinggalan jaman. 

Dalam konteks dunia komunitas mobil, elegan merupakan salah satu karakteristik yang menjadi trend gaya hidup kaum eksekutif muda saat ini maupun sebagai sebuah konsep gubahan kendaraan. 

Bahkan beberapa produsen otomotif juga sudah banyak meluncurkan produk kendaraan standart yang berkonsep elegan tanpa harus memodifikasinya.

Pada bagian eksterior memiliki bentuk yang sederhana, ornamen yang minimalis, permainan garisgaris yang tegas, warna cenderung monokrom, sampai dengan pemakaian ban dan velg dengan dimensi yang besar, menjadikan kesan kokoh dan megah pada sebuah kendaraan. 

Tidak ketinggalan pada bagian interior yang juga bernuansa elegan dengan pemakaian tekstur, ornamen, dan juga warna yang menyatu secara keseluruhan. 

Bahan kulit pada jok mobil, permainan cahaya pada panel-panel instrumen dashboard, ornamen interior yang bernuansa chrom, bahkan sampai dengan teknologi digital, seperti jok kursi yang dapat diatur posisinya sesuai kenyamanan dengan menggunakan tombol-tombol yang dapat diakses secara terpusat, kinerja mesin yang sudah menggunakan sistem komputer (ECU), sensor parkir sampai dengan sensor kecelakaan, dan lain-lain.

Menyatu 

Komunitas Mobil terbentuk dari gabungan atau persatuan dari beberapa orang yang memiliki hobi yang sama, yaitu otomotif. Persatuan ini biasanya memiliki visi dan misi yang sama, dan memiliki keanggotaan minimal 5 (lima) orang anggota.

Atraktif 

Karakter Komunitas Mobil yang satu ini didasarkan pada sifat kaum muda yang cenderung mudah tertarik dengan hal-hal baru yang menarik hatinya, dan selalu ingin memamerkan hasil ketertarikannya tersebut yang menjadi bagian dari kegiatannya dan cenderung menarik perhatian lingkungan sekitarnya.

Rekreatif 

Sebagai salah satu karakter dari Komunitas Mobil dimana mereka memiliki aktivitas rekreasi yang menjadi kebiasaan Komunitas Mobil, rekreasi yang sering dilakukan adalah rekreasi fisik, baik aktif maupun pasif yang berupa entertainment, amusement dan relaxation.

Dinamis 

Komunitas Mobil memiliki karakter dinamis yaitu mereka tidak pernah merasa puas dengan hasil yang telah mereka capai. Salah satu contoh adalah mereka tidak pernah puas dengan hasil modifikasi mobilnya, sehingga mereka selalu berkreasi dan tidak pernah berhenti untuk memodifikasi.

Terbuka 

Karakter terbuka pada Komunitas Mobil dapat dilihat dari komunitas tersebut tidak pernah menutup keanggotaan bagi mereka yang mempunyai kegemaran/ hobi yang sama, yaitu otomotif.

Sporty 

Karakter Komunitas Mobil dimana mereka gemar melakukan aktivitas yang bersifat olah raga, seperti olah raga ringan untuk kepentingan kesehatan tubuh mereka sendiri, maupun olah raga ekstreem seperti balapan, freestyle, slalom, dll.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Karakteristik Komunitas Mobil"