Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MOMEN MESIN DAN DAYA MESIN

MOMEN MESIN DAN DAYA MESIN

MOMEN MESIN DAN DAYA MESIN - Satuan yang menunjukkan output daya disebut Horse Power (HP). 

HP menunjukkan seberapa banyak pekerjaan telah diselesaikan pada waktu yang telah ditentukan, dan 1 HP merupakan tenaga yang dapat mengangkat benda seberat 75kg sejauh satu meter selama satu detik atau tenaga yang dapat mengangkat berat 1kg sejauh 75 meter selama satu detik. PS merupakan singkatan Pfederstrake (Bahasa Jerman), yang berarti “tenaga kuda”.

MOMEN MESIN DAN DAYA MESIN

Gambar diatas menjelaskan definisi dari kerja satu Hp yang digambarkan dengan sebuah mobil derek yang mengangkat beban sebesar 75 Kg. 

Pengertian ilustrasi kerja 1 Hp diatas adalah, mobil derek dikatakan melakukan kerja 1 HP karena mobil mampu mengangkat beban seberat 75 kg dalam waktu satu detik setinggi 1 meter. Sedangkan bila berat beban yang diangkat seberat 150 Kg maka dikatakan derek melakukan kerja 2 HP.

Daya motor adalah tenaga yang dihasilkan motor, sedangkan momen adalah gaya putar pada poros engkol. Besarnya daya motor dapat dihitung dengan rumus : 

Dke = Dki – Dg 

  • Dke = daya kuda efektif 
  • Dki = daya kuda indikator 
  • Dg = daya gesek
MOMEN MESIN DAN DAYA MESIN






 
  • P = Tekanan efektif rata-rata (Kg / Cm2 ) 
  • L = Langkah torak ( m) 
  • A = Luas penampang silinder ( Cm2 )
  • N = Putaran motor (rpm) 
  • i = Jumlah silinder
Momen adalah gaya yang digunakan untuk memutar poros engkol. Besarnya momen adalah gaya dikalikan jarak. Bila diaplikasikan pada motor, maka motor yang memiliki radius engkol (panjang langkah piston) lebih besar maka momen putarnya akan semakin besar pula. 

Disamping itu bila gaya yang mendorong lebih besar maka akan lebih besar pula momen yang dihasilkan. Dengan kata lain tekanan pembakaran didalam silinder diperbesar, maka momen yang dihasilkan pada poros engkol akan semakin besar. 

Gambar dibawah menunjukkan grafik hubungan antara momen, daya mesin dan pemakaian bahan bakar. Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa momen mesin terbesar dicapai saat mesin pada putaran menengah. 

Dan semakin besar putaran mesin, maka momen yang dihasilkan justru semakin menurun. Sedangkan besarnya daya mesin maksimal justru dihasilkan saat momen mesin mulai turun. Hal ini dapat dipahami, karena memang besarnya daya mesin dipengaruhi oleh faktor putaran mesin. 

Sedangkan dari faktor pemakaian bahan bakar terlihat bahwa pemakaian bahan bakar paling efisien diperoleh pada saat mesin pada putaran menengah. Dan pada putaran menengah ke atas pemakaian bahan bakar semakin boros. 

Kurva kemampuan dari tiap-tiap mesin berbeda. Kurva kemampuan ini dihitung pada saat mesin dalam kondisi diam, karena itu pada kenyataanya kemampuan mesin saat di pasang kendaraan akan lebih rendah lagi. 

Hal ini karena pada saat digunakan dikendaraan akan ada pengaruh dari kerugian pemindah daya, kondisi permukaan jalan dan faktor-lainnya. 

MOMEN MESIN DAN DAYA MESIN

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "MOMEN MESIN DAN DAYA MESIN"