Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri dasar perencanaan transportasi

Ciri dasar perencanaan transportasi

Ciri dasar perencanaan transportasi - Perlu disadari bahwa kajian perencanaan transportasi mempunyai ciri yang berbeda dengan kajian bidang lain. Hal ini disebabkan karena objek penelitian suatu kajian perencanaan transportasi cukup luas dan beragam. 

Di samping itu, kajian perencanaan transportasi juga biasanya melibatkan aspek yang cukup banyak dan beragam pula. Secara singkat, ciri kajian perencanaan transportasi ditandai dengan adanya multimoda, multidisiplin, multisektoral, dan multimasalah.

A. Multimoda 

Kajian perencanaan transportasi selalu melibatkan lebih dari satu moda transportasi sebagai bahan kajian. Hal ini mudah dimengerti mengingat objek dasar kajian perencanaan transportasi adalah pergerakan manusia, dan/atau barang, yang pasti melibatkan banyak moda transportasi. 

Tambahan lain, Indonesia dikenal sebagai negara yang terdiri dari ribuan pulau sehingga pergerakan dari suatu tempat asal ke tempat tujuan sangat tidak mungkin hanya menggunakan satu moda saja. 

Tidaklah mengherankan bahwa Sistem Transportasi Nasional (Sistranas) yang kita miliki mempunyai konsep utama, yaitu konsep sistem transportasi integrasi antarmoda. 

Kalaupun kajian yang dimaksud difokuskan pada daerah tertentu, misalnya terminal bus atau bandara, aspek multimoda akan selalu timbul ke permukaan. 

Perencana transportasi, bagaimana pun, harus memperhatikan adanya interaksi antara pergerakan internal di dalam daerah kajian (misalnya terminal bus atau bandara) dengan pergerakan eksternalnya. 

Artinya, harus diperhatikan adanya moda transportasi lain selain bus (untuk terminal bus) atau pesawat udara (untuk bandara). 

Terminal dalam konsep sistem transportasi integrasi antarmoda memegang peranan yang sangat penting karena proses pertukaran moda terjadi di terminal dan waktu proses tersebut merupakan hal terpenting yang sangat perlu diperhatikan para perencana transportasi. 

Ketidakefisienan dalam proses pertukaran moda akan menyebabkan sistem transportasi integrasi antarmoda pun secara keseluruhan menjadi tidak efisien. 

B. Multidisiplin 

Kajian perencanaan transportasi melibatkan banyak disiplin keilmuan karena aspek kajiannya sangat beragam, mulai dari ciri pergerakan, pengguna jasa, sampai dengan sistem prasarana atau pun sarana transportasi itu sendiri. 

Tentu saja dalam pelaksanaannya, semua aspek kajian tersebut harus dapat diantisipasi. Kajian perencanaan transportasi biasanya melibatkan bidang keilmuan seperti rekayasa, ekonomi, geografi, penelitian operasional, sosial politik, matematika, informatika, dan psikologi. 

Sebagai ilustrasi, mari kita tinjau kajian penyusunan rencana induk terminal bus antarkota. Untuk melakukan kajian tersebut, diperlukan seorang ahli perencana wilayah untuk menentukan lokasi terminal bus yang baik, ditinjau dari sudut pandang penataan tata ruang dan daerah. 

Selanjutnya, juga dibutuhkan seorang ahli teknik untuk mengkaji tata letak bangunan di areal terminal dan juga untuk mengkaji jenis konstruksi setiap prasarana terminal. 

Selain itu, dalam kajian ini juga akan dibutuhkan seorang ahli transportasi untuk mengkaji dan memperkirakan potensi jumlah penumpang atau pun jumlah bus yang akan dilayani oleh terminal bus itu pada tahun rencana, dan untuk mengkaji sistem sirkulasi internal dan eksternal yang terbaik bagi terminal bus itu. 

Di samping itu, seorang ahli ekonomi juga dibutuhkan untuk mengkaji sistem dan besaran tarif di lingkungan terminal dan juga untuk mengkaji tingkat kelayakan ekonomi dan keuangan dari rencana pengembangan terminal antarkota itu. 

C. Multisektoral 

Yang dimaksud dengan multisektoral di sini adalah banyaknya lembaga, atau pihak terkait yang berkepentingan dengan kajian perencanaan transportasi. 

Kajian perencanaan transportasi biasanya melibatkan beberapa lembaga pemerintah atau pun swasta yang masing-masing mempunyai kepentingan yang berbeda sehingga diperlukan koordinasi dan penanganan yang baik. 

Untuk kasus perencanaan terminal bus antarkota seperti contoh di atas misalnya, lembaga pemerintah atau pun swasta yang terkait meliputi DLLAJ, BPN, Dinas Tata kota, polantas, operator bus, Dinas Pendapatan Daerah, dan lain-lain. 

D. Multimasalah 

Karena kajian perencanaan transportasi merupakan kajian multimoda, multidisiplin, dan multisektoral, tentu saja menimbulkan multimasalah − permasalahan yang dihadapi mempunyai dimensi yang cukup beragam dan luas, mulai dari yang berkaitan dengan aspek pengguna jasa, rekayasa, operasional, ekonomi, sampai dengan aspek sosial. 

Untuk contoh kasus pengembangan terminal bus antarkota di atas, masalah yang mungkin timbul meliputi masalah rekayasa (lapisan tanah yang jelek atau sistem drainase yang buruk), masalah ekonomi (alokasi dana pemerintah yang terbatas, daya beli masyarakat yang rendah), masalah pertanahan (lahan yang terbatas), masalah sosial (perilaku penumpang bus yang tidak disiplin atau timbulnya premanisme), masalah lalulintas (gangguan lalulintas di pintu masuk dan keluar terminal atau perilaku pengemudi yang tidak disiplin). 

Meskipun terdapat perbedaan antara kota-kota di berbagai negara, pergerakan di dalam daerah perkotaan mempunyai beberapa ciri yang sama yang berlaku hampir pada semua kota kecil dan kota besar di dunia. 

Ciri ini merupakan prinsip dasar yang merupakan titik tolak kajian transportasi. Ciri ini juga mendefinisikan konsep yang digunakan oleh para perencana angkutan dan perekayasa untuk memahami dan mempelajari pergerakan.

Oleh sebab itu, perlu dikaji beberapa konsep dasar yang melatarbelakangi kajian angkutan dan bagaimana konsep ini saling berkaitan untuk membentuk apa yang disebut sistem transportasi. Konsep yang akan dikaji dibagi dalam dua bagian, yaitu: 

  • konsep mengenai ciri pergerakan tidak-spasial (tanpa batas ruang) di dalam kota, misalnya yang menyangkut pertanyaan mengapa orang melakukan perjalanan, kapan orang melakukan perjalanan, dan jenis angkutan apa yang mereka pergunakan; 
  • konsep mengenai ciri pergerakan spasial (dengan batas ruang) di dalam kota, termasuk pola tata guna lahan, pola perjalanan orang, dan pola perjalanan angkutan barang. 

Sebagian besar konsep ini telah dikembangkan pada tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an, baik di Eropa maupun di Amerika Serikat. Kemudian, muncul permasalahan mengenai relevansinya dengan negara sedang berkembang seperti Indonesia. 

Meskipun demikian, sebelum data kota di Indonesia dikumpulkan secara rutin, kita tidak akan dapat mengetahui secara pasti bagaimana konsep ini harus disesuaikan dengan keadaan kota di Indonesia.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Ciri dasar perencanaan transportasi "

close