Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat - Alat Ukur Pada Kerjaan Otomotif

Alat - Alat Ukur Pada Kerjaan Otomotif
Alat - Alat Ukur Pada Kerjaan Otomotif - Alat ukur mekanik adalah alat yang biasanya digunakan untuk memperoleh ukuran benda yang akan atau sedang digunakan secara mekanik. Biasanya, alat ukur ini digunakan untuk mengukur kedalaman, panjang, diameter, dan lebar, atau bisa diartikan juga sebagai alat untuk mengukur dimensi benda.

Penggaris Baja

Penggaris baja dibuat dari baja tipis,dari bahan baja pegas. Penggaris baja ini mempunyai skalaa dari 0.5 mm atau 1mm ; ukuran panjang yang tersedia dibengkel – bengkel otomotif dari ukuran 300 mm atau 500 mm. 

Alat ini sangat mudah digunakan ,karena langsung dapat dibaca benda kerja yang diukur, hanya saja saat penggunaan harus diperhatikan arah sinar penerangan. Catatan : ukuran yang tersedia pada penggaris baja adalah ukuran kombinasi yaitu ukuran metrik dan ukuran british ( ukuran inggris ). 

Kesalahan optik (optical error) yang disebut parallax harus dihindari. Parallax adalah perubahan yang tampak dalam posisi suatu benda yang dilihat dari jarak suatu benda yang lebih jauh. 

Parallax dapat diperagakan sebagai berikut : Peganglah masing-masing satu pinsil secara vertikal di kedua tangan Anda, langsung di depan Anda. Peganglah satu pinsil sepanjang lengan kira-kira 150 mm di depan pinsil yang lainnya. 

Pastikan agar kedua tangan Anda berada dalam posisi stabil dan tutuplah satu mata. Gerakkan kepala Anda ke samping kanan dan kiri sampai kedua pinsil sejajar. Sekarang gerakkan satu mata Anda ke kiri dan kanan dari posisi ini dengan menggerakkan kepala Anda ke samping kiri dan kanan. 

Perhatikan perubahan posisi pinsil yang berada paling dekat dengan Anda. Ini adalah ilusi optikal yang disebut parallax.

Peganglah skala sehingga angka-angkanya berada sedekat mungkin dengan bagian yang sedang diukur. Lihatlah angka-angkanya secara tegak lurus dengan skala. 

Penggaris gulung (Measuring Tape) 

Penggaris baja gulung ini dibuat dari pita baja yang digulung.Berbagai macam kemampuan ukur yang tersedia di bengkel-bengkel otomotif, umumnya tanda kemampuan ukur sampai 2000 mm ( 2 Meter ). Jenis ukuran yang tersedia pada alat ukur ini ada 2 jenis ; yaitu ukuran metrik dan ukuran British.

Measuring tape yang fleksibel dapat digunakan untuk mengukur jarak di sekitar sudut-sudut atau bagian-bagian. Kelebihan utama measuring tape adalah kemampuannya untuk mengukur jarak yang panjang, biasanya sampai 100 inci (30 meter). 

Measuring tape yang terbuat dari bahan baja panjang digunakan untuk melakukan survei karena tape yang terbuat dari kain dapat direntangkan. Ujung tape harus ditahan untuk memperoleh pengukuran yang baik. Masukkan tape dengan hati-hati kembali ke kotaknya agar tape tidak rusak. 

Gerakan pegas untuk mundur kembali (Spring return) digunakan untuk measuring tape logam berukuran pendek.  

Busur Derajat (Protractor) 

Protractor memiliki bentuk setengah lingkaran yang dilengkapi dengan sepotong logam lurus dan tipis berukuran panjang yang dihubungkan pada setengah lingkaran yang dapat digerak-gerakkan di sekeliling titik putarnya untuk mengukur suatu sudut. 

Sebuah mur dapat dikencangkan untuk menahannya. Tanda-tanda angka pada pinggir dari bagian setengah lingkaran diguna-kan untuk mengukur sudut-sudut dan unit-unit dalam derajat. Pada sejumlah protractor, terdapat tanda-tanda angka pada pinggir dari bagian yang lurus untuk mengukur jarak. 

Protractor digunakan untuk mengukur dan memeriksa sudut-sudut dan untuk memeriksa posisi lubang. Alat ini digunakan pada mesin-mesin untuk mengukur sudut-sudut governor linkage. Alat ini dibuat dari bahan plastik, logam atau kayu. Protractor setengah lingkaran dapat mengukur sudut-sudut hingga 180°.

Gunakan protractor dengan hati-hati untuk menjaga agar bagian-bagian pinggir berada dalam kondisi yang baik.

Combination Set

Combination set adalah alat pengukur dan pengetes yang bermanfaat. Alat ini terdiri dari bagian pinggir yang lurus atau blade yang memiliki tanda angka yang dapat dijepit ke beberapa head yang berbeda. Pasanglah head yang diperlukan pada blade sebagai berikut : Masukkan blade ke dalam slot pada head. 

Tempatkah lug dari sekrup penjepit (clamping screw) dengan hati-hati ke dalam recess pada blade. Masukkan head ke posisi yang diperlukan dan kuncilah di sana dengan mengencangkan knurled nut. Protractor memungkinkan blade dipasang pada suatu sudut ke permukaan yang rata. Gunakan protractor dan blade untuk mempersiapkan atau mengukur sudutsudut. 

Square head memiliki satu permukaan yang membentuk sudut 90 dengan blade. Permukaan yang lainnya membentuk sudut 45° dengan blade. Gunakan square head dan blade sebagai: Alat pengukur kedalaman (depth gauge) untuk mengukur dari permukaan persegi ke ujung blade. 

Alat pengukur ketinggian (height gauge) dengan menyetel permukaan persegi rata dengan bagian ujung blade. Juga gunakan square head dan blade sebagai: Alat pengukur persegi (square) untuk melakukan pekerjaan pada sudut 90°. Alat pengukur sudut (bevel gauge) untuk melakukan pekerjaan pada sudut 45°.

Centre Head 

Centre head dirancang untuk memungkinkan satu bagian pinggir blade melewati bagian tengah/pusat dari dua permukaan pada sudut 90°. Gunakan centre head dan blade untuk: Menemukan atau menandai bagian pusat suatu pekerjaan yang berbentuk lingkaran. Memeriksa sudut-sudut 45°. 

Gunakan centre head dan blade untuk menemukan bagian pusat suatu pekerjaan yang berbentuk lingkaran dengan cara berikut: 
  • Pasanglah centre head pada blade. 
  • Posisikan head pada posisi yang benar di sepanjang blade. 
  • Tempatkan head di bagian tengah pada blade untuk pekerjaan kecil. 
  • Kencangkan knurled clamping nut hingga kencang pada tekanan yang benar. 
  • Singkirkan burr dari ujung bagian yang dikerjakan dengan kikir yang halus. 
  • Tahan dengan kencang permukaan-permukaan tegak lurus head pada bidang yang dikerjakan dengan blade, rata sampai ke ujung. 
  • Goreskan garis dengan menggunakan scribe di sepanjang bagian pinggir blade sampai ke ujung bagian yang dikerjakan. 
  • Putarlah bagian yang dikerjakan pada sepertiga putaran dan goreslah satu gari slagi untuk menyilang dengan garis yang pertama. 
  • Putarlah bagian yang dikerjakan sepertiga putaran lagi dan buatlah garis ketiga. 
  • Persimpangan dari ketiga garis akan merupakan bagian pusat/tengah dari bidang yang dikerjakan. 
  • Tandailah posisi tersebut dengan tanda tipis menggunakan centre punch.

Outside Calliper

Calliper luar (outside calliper) digunakan untuk memindahkan pengukuran. Outside calliper memiliki dua kaki yang dihubungkan pada bagian ujung titik putar. Kaki-kaki tersebut dibuka sesuai dengan jarak yang harus diukur. 

Beberapa jenis outside calliper memiliki titik putar pegas (spring pivot point) dan sekrup penyetel (adjustment screw) untuk menempatkan kaki-kaki dalam posisi yang benar. 

Kaki-kaki dari outside calliper dibengkokkan ke arah satu sama lain pada bagian ujung untuk memperoleh pengukuran yang lebih akurat. Outside calliper terdiri dari berbagai ukuran, tetapi sebagian besar di antaranya dapat dipegang dengan satu tangan. 

Outside calliper digunakan untuk memindahkan pengukuran ke skala pengukuran. Outside calliper digunakan untuk mengukur diameter luar atau dimensi-dimensi luar lainnya. Alat ini dapat juga digunakan untuk memeriksa apakah permukaan sejajar atau tidak. 

Akurasi pengukuran diperoleh sesuai dengan “perasaan” (feel) calliper terhadap pekerjaan. “Feel” ini adalah tekanan ringan calliper saat calliper digerakkan pada bidang pekerjaan. Penggunaan outside calliper secara rutin diperlukan untuk memperoleh “feel” yang benar.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Alat - Alat Ukur Pada Kerjaan Otomotif"

close