Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TUNE UP MESIN L15A HONDA JAZZ VTEC

TUNE UP MESIN L15A HONDA JAZZ VTEC

Tune up merupakan servis ringan pada mesin kendaraan yang pekerjaannya berupa pemeriksaan, penyetelan, ganti komponen, dan perawatan mesin. 

Pekerjaan tune up diperlukan, manakala sebuah kendaraan mengalami gangguan pada mesinnya sewaktu berjalan, seperti ada bunyi kasar, kurang tenaga, atau untuk perawatan berkala dan sebagainya. Melakukan pemeriksaan atau tune-up berarti mencegah terjadinya kerusakan yang lebih berat pada mesin. 

Pekerjaan tune up harus dilakukan sesuai prosedur dari pabrik pembuatnya, baik urutan pengerjaannya, pemeriksaannya, ukuran penyetelannya dan lain – lain. Alat dan bahan. Alat dan bahan yang diperlukan dalam proses tune up Mesin Honda Jazz L15A adalah: 

a. Alat 

  1. Toolbox 1 set 
  2. 1 set kunci T dan shock 
  3. Hydrometer
  4. Kunci busi 
  5. Kompresi tester 
  6. Multitester 
  7. Fuller gauge
  8. Scan tool 
  9. Radiator tester 

b. Bahan 

  1. Engine stand Honda Jazz VTEC L15A 

B. Komponen yang ditune up pada mesin Honda Jazz VTEC L15A 

1. Busi 

Busi berfungsi untuk memercikan bunga api dan membakar campuran bahan bakar yang sudah terkompresi di dalam ruang bakar dengan spark arc karena tegangan tinggi yang dihasilkan dari ignition coil. Busi terletak pada cilinder head dan terpasang pada iginition coil Tegangan yang diterima busi untuk memercikan bungan api 10KV lebih.

2. Radiator 

Radiator berfungsi untuk mendinginkan cairan pendingin yang telah panas setelah melalui saluran water jacket. Bagian-bagian radiator antara lain: tangki air bagian atas (upper water tank), tangki air bagian bawah (lower water tank) dan inti radiator (radiator core). 

Cairan pendingin masuk ke tangki air bagian atas melalui selang atas. Pada tangki air bagian atas dilengkapi dengan lubang pengisian air dan saluran kecil yang menuju ke tangki cadangan. 

Pada tangki air bagian bawah dilengkapi dengan lubang penguras untuk mengeluarkan air pendingin pada saat mengganti cairan pendingin. Inti radiator terdiri atas pipa-pipa (tube) yang dapat dilalui air dari tangki atas ke tangki bawah. 

Disamping itu juga dilengkapi dengan sirip-sirip pendingin (fin) yang fungsinya untuk menyerap panas dari air pendingin. Radiator terletak di depan kendaraan radiator didinginkan oleh kipas otomatis.

3. Baterai 

Baterai adalah alat elektrokimia yang dibuat untuk mensuplai arus listrik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan sistem kelistrikan lainnya. Dalam baterai terdapat terminal positif dan negatif dalam bentuk pint. Plat-plat tersebut terbuat dari timbal dan timah. 

Ruang dalamnya dibagi menjadi 6 dan dalam masing-masing sel terdapat beberapa elemen yang terendam di dalam larutan elektrolit. Baterai menyediakan arus listrik tegangan rendah 12 Volt. Kutub negatif baterai dihubungkan dengan masa, sedangkan kutub positif baterai dengan ignition coil melalui kunci kontak.

4. Drive belt 

Drive belt berfungsi untuk meneruskan putaran poros engkol ke alternator untuk memutarkan alternator. 

5. Filter bensin 

Saringan bensin ditempatkan antara tangki dan pompa bahan bakar yang berfungsi untuk menyaring kotoran atau air yang mungkin terdapat di dalam bensin. 

Elemen saringan terdapat di dalam rumah saringan, yang bisa menurunkan kecepatan aliran bahan bakar, akibatnya air dan partikel kotoran yang lebih berat dari bensin mengendap ke bawah, sedangkan partikel kotoran yang lebih ringan disaring oleh elemen.

6. Filter udara 

Filter udara adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring udara dari debu, penghambat kecepatan udara dan memperkecil suara “desis” suara. Fiter udara terletak pada saluran intak sebelum masuk ke throttle body.

7. Filter oli 

Oil filter menyaring oil dari carbon atau partikel metal. Didalam cleaner case dipasang folded filter paper. Ada dua tipe untuk penggantiannya yaitu element type dan catridge type. Pada cartridge type dalam melepas filternya dilakukan bersamaan dengan case-nya, pada element type yang dilepas hanya filter element ketika akan dikalukan penggantian.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "TUNE UP MESIN L15A HONDA JAZZ VTEC"