Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Kran Pada Mesin

Macam Kran Pada Mesin

Macam Kran Pada Mesin - Kran adalah mesin pelayan muatan yang diperlengkapi dengan kerekan untuk mengangkat benda dan alat untuk menggerakkan benda yang diangkat itu melalui ruangan. Bermacam tipe kran dibuat untuk memenuhi penerapannya yang banyak. 

Mesin pelayan muatan yang tak dapat disebut kram karena tak mempunyai alat untuk menggerakkan barang di ruangan, termasuk wins, elevator, eskalator, konveyor, kerekan listrik dan sebagainya. Tipe utama kran adalah sebagai berikut :

1. Kran gantung berjalan (overhead traveling cranes) 

Kran gantung berjalan adalah mesin berjalan di rel yang ditopang oleh bangunan dan mempunyai troli diperlengkapi dengan kerekan, yang berjalan melintang di rel di atas penumpu bangunan. Ia dipergunakan untuk memindahkan bahan, hasil barang dan peralatan di pabrik, atau untuk instalasi atau perbaikan peralatan di pusat pembangkit listrik atau di gardu induk.

Di pabrik baja, kran gantung berjalan yang khusus diproduksi, dipergunakan untuk pengisian tanur tiup, pengisian batangan (kran ingot), transportasi ciduk (kran ciduk) dan sebagainya. Tiga motor diperlukan untuk kran masing - masing, satu untuk mengangkat, satu untuk jalan troli dan satu lagi untuk jalan kran.

2. Kran Jembatan

Ini adalah kran berjalan dengan bentuk seperti jembatan, karena adannya pelana yang diberi berkaki. Kran ini melayani muatan sambil berjalan diatas rel yang terletak di tanah dengan cara roda dipasang dikaki dan dipakai untuk melayani barang di lapangan bijih batu bara dan baja.

3. Kran Menara

Kran menara mempunyai kantilever yang menonjol horisontal dari puncak dan troli berjalan di permukaan bawah dari kantilever dengan menggunakan tali. Kantilever ditopang oleh bantalan di puncak dari kerangka bawah dan dapat bebas berputar 360 derajat. 

Ia dipergunakan untuk membuat lambung kapal, pemasangan luar dan memindahkan bahan di galangan kapal. Motor terpisah diperlukan masing - masing untuk mengangkat, menjalankan kran dan berputar.

4. Kran Kabel

Kran ini terutama dipakai dalam pembangunan pusat tenaga listrik dan bendungan. Menara dibuat di kedua sisi dari lembah dan kabel dibentangkan antara menara untuk memungkinkan troli menjalani kabel. 

Menara dapat tetap atau dapat bergerak di atas rel yang dipasang di tanah. Diperlukan motor - motor, masing - masing untuk mengangkat, menjalankan troli dan menjalankan kran.

5. Kran derek (Jiberanes)

Pada kran ini, dari bagian yang berputar diperlengkapi dengan kerekan, kran derek melayani muatan dengan tali kawat. Kran derek itu dapat digerakkan ke atas dan kebawah atau tetap atau dapat berjalan, dan terdapat bayak macam menurut tujuan dari pelayanan muatan. 

Karena struktur relatif sederhana, baiya konstruksi rendah. Karena itu ia banyak dipakai di pabrik, di pelabuhan, di tempat konstruksi, di lapangan material dan sebagainya. 

Pada umumnya, satu motor dipakai untuk mengangkat, menggerakkan ke atas dan ke bawah, memutar dan seterusnya dengan pengsaklaran penggerak melalui kopling. Bila satu atau lebih operasi harus dikerjakan serentak, maka diperlukan motor - motor terpisah.

6. Kran Derrick

Pada kran ini, jib diperpanjang dari kaki tiang yang ditopang dengan tali untuk membentuk tipe kran paling sederhana. Ia sering dipergunakan dalam tempat konstruksi gedung dan sebagainya.

7. Pembongkar

Pembongkar adalah seperti kran jembatan yang mempunyai penumpu diperpendek dan dilengkapi dengan ember cengkeram. 

Ia dipergunakan untuk pembongkaran di pelabuhan dan sebagai keuntungan, mempunyai struktur yang memungkinkan muatan curah yang dilemparkan ke dalam hoper, memberikan kapasitas bongkar yang besar. 

Pembongkar dikelompokkan dalam tipe troli manual yang mempunyai troli diperlengkapi dengan kerek, dan tipe troli tali di mana kerekan dan peranti jalan troli dipasang pada penumpu.

8. Kran lain

Tambahan diatas, terdapat kran apung, kabel udara jembatan atas, pembuang mobil tua dan sebagainya, dengan menyelediki perusahaan penjual, pabrik, katalog, maka tipe yang cocok sebaiknya harus dipilih.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Macam Kran Pada Mesin"

close