Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modifikasi Kopling Honda Tiger

Modifikasi Kopling Honda Tiger

Modifikasi Kopling Honda Tiger - Halo para biker Honda Tiger, kali ini belajar otomotif akan mengetengahkan materi tentang memodifikasi kopling sepeda motor Honda tiger. 

Sebagaimana kita tahu Honda Tiger dengan komunitasnya yang dikenal sebagai rajanya touring  sepeda motor, maka kinerja motor ini haruslah mumpuni dalam melintasi medan jalanan yang tidak selalu baik. 

Untuk itulah kerja kopling yang maksimal sangat dibutuhkan agar mampu  mendongkrak tenaga  mesin Honda Tiger yang besar. Salah satu perubahan atau modifikasi yang dapat anda lakukan adalah merubah rumah kopling bawaan atau standar dari Honda Tiger dengan rumah kopling  racing. 

Rumah kopling racing yang satu ini memang dirancang khusus untuk ukuran sepeda motor Honda tiger, jadi anda tak perlu repot – repot melakukan perubahan pada bagian – bagian lainnya di mesin. So, langsung pangsang aja tuh rumah kopling ke as perseneling. 

Tapi untuk pemasangannya sebaiknya serahkan aja ke mekanik yang memang sudah ahli dalam hal menangani kopling Honda tiger, agar tak perlu terjadi kesalahan dalam pembongkaran dan pemasangan kopling racing Honda Tiger tersebut.

Perbedaan dari kopling racing Honda tiger ini dengan kopling standarnya adalah terletak pada jumlah pegasnya. Pegas kopling racing tiger ini memiliki 6 pegas, sehingga kemampuan cengkraman kampas dan plat kopling menjadi lebih kuat bila dibanding kopling standar yang hanya menggunakan 4 pegas. 

Dan karena menggunakan 6 pegas , maka konstruksi rumah koplingnya pun berbeda. Pada kopling racing Honda Tiger ini dilengkapi dengan 6 kaki yang digunakan sebagai tempat dudukan pegas tersebut. 

Jadi dalam  memodifikasinya anda harus mengganti rumah kopling Honda tiger yang standar dengan rumah kopling racing.

Selain pada bagain pegas dan rumah kopling, perubahan lain  yang perlu anda lakukan untuk pekerjaan modifikasi Honda tiger  adalah menyiapkan 6 lembar kampas kopling. Sebab kopling standarnya tiger adalah 4 lembar kampas kopling besar dan 1 kampas kopling kecil. 

Jadi anda perlu menambahkan 2 lembar lagi  kampas koplingnya, sedangkan untuk kampas kopling kecil tak usah  dipakai lagi. Kampas kopling yang digunakan cukup memakai kopling aslinya Honda Tiger.

Lalu bagiamana dengan proses pemutus hubungan kopling saat handel ditarik?

Anda tak perlu khawatir proses pemutusan kopling menjadi keras. Sebab dalam perancangannya, kekerasan atau kesulitan dalam pemutusan kopling sudah diperhitungkan. Proses pemutusan kopling tetap normal dan tak perlu khawatir kabel kopling tak kuat. 

Sebab untuk aspek ini telah diperhitungkan seluruhnya. Jadi tenaga mesin Honda Tiger yang besar, didukung dengan kopling racing Honda Tiger yang yahuut membuat tunggangan Honda Tiger  anda menjadi lebih lincah dan gesit. 

Untuk para mas bro pencinta Tiger, maka tak ada salahnya mencoba modifikasi yang satu ini. Untuk harga dan barang kopling racing Honda tiger tersebut, anda bisa searching di internet atau anda bisa juga kunjungi toko spare part  modifikasi sepeda motor. Selamat bereksperimen dan memodifikasi motor Honda tiger anda.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Modifikasi Kopling Honda Tiger"