Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemeriksaan, Penyetelan dan Perawatan Lampu pada Mobil

Pemeriksaan, Penyetelan dan Perawatan Lampu pada Mobil

Pemeriksaan lampu kepala:

  • Apabila sinar lampu kurang terang, periksa keadaan baterai.Mungkin arusnya lemah atau hubungan dengan terminal - terminal baterai longgar.
  • Apabila sinar lampu kepala berkedip - kedi, periksa kabel - kabel, isolator kabel, kedudukan lampu - lampu, dan sambungan - sambungan kabelnya. Kabel- kabel yang hampir putus, isolator kabel yang sudah rusak, lampu - lampu tidakterpasang dengan baik pada kedudukannya, dan sambungan - sambungan kabel yang longgar dapat mengakibatkan lampu kepala berkedip - kedip.
  • Apabila lampu kepala tidak menyala, periksa keadaan lampu dan sekeringnya.Lampu yang filamennya terbakar atau sekeringnya putus akan mengakibatkan lampu tidak menyala.
  • Apabila sekeringnya putus maka gantilah dengan sekering yang mempunyai kekuatan amper sama
  • Apabila sekering cepat putus, carilah sebab - sebabnya dengan cara sebagai berikut:
    • sekering putus pada saat pedal rem diinjak, mungkin kerusakan terletak pada tombol dan terjadi hubungan singkat pada lampu.
    • Sekering putus pada saat lampu kepala dinyalakan kemungkinan besar karena tombol rusak atau terjadi hubung singkat pada kabel - kabel lampu tersebut.
    • Sekering putus pada saat mobil berguncang, kemungkinan ada beberapa isolator yang rusak sehingga apabila mobil berguncang pada bagian - bagian tersebut terjadi hubung singkat.
    • Sekering putus pada saat transmisi dipindahkan ke posisi mundur, mungkin kerusakan terjadi pada tombol lampu mundur.

Pemeriksaan lampu rem:

Jika lampu rem tidak menyala pada waktu pedal rem diinjak, lakukan pemeriksaan terhadap bagian -bagian berikut:
  1. Periksa keadaan lampu remnya,mungkin filamennya putus.Jika ternyata filamennya putus,ganti dengan yang baru.
  2. Jika keadaan lampu rem baik, tapi lampu rem tidak mau menyala waktu pedal rem diinjak, bersihkan terminal pada dudukan lampu remnya dengan ampelas kemudian pasang lampu rem tersebut dengan baik.
  3. Jika terminal - terminalnya sudah dibersihkan tapi lampu remnya tidak menyala maka telusuri kabel sistem lampu rem tersebut dari kemungkinan putus atau sambungan - sambungan yang longgar.
  4. Periksa keadaan tombol hidrolik /tombol mekanik dari lampu rem tersebut.Lepas kedua kabel yang tersambung pada kedua terminal lampu rem tersebut dan kemudian sambungakan langsung kedua kabel tersebut. Jika lampu rem menyala berarti kerusakan terjadi pada tombol  lampu rem.
  5. Jika kerusakan terletak pada tombol lampu rem, periksa keadaan terminal - terminalnya dan bersihkan dengan ampelas dan kemudian sambungkan lagi kabel - kabelnya.
  6. Jika terminal tombol lampu rem sudah dibersihkan tetapi lampu rem tidak mau menyala sebaiknya unit lampu rem diganti.

Pemeriksaan, penyetelan dan perawatan lampu kepala:

  1. Jika sinar lampu kurang terang, periksa keadaan reflektornya. Pada lampu sistem eropa reflektor yang sudah lama sering buram atau berkarat. Pada lampu sistem amerika yang sudah lama bagian atas reflektornya dapat menjadi hitam karena penguapan bahan filamen.
  2. Ukurlah tegangan dengan voltmeter pada saat lampu dihidupkan antara kaki masa dan kaki filamen. Jika tegangan turun sinar lampu menjadi redup. Tegangan lampu turun karena ada kerugian tegangan pada pengabelannya.
  3. Periksa pengabelan lampu dan sambungan masa kabel lampu kepala.
  4. Jika sinar lampu sudah normal lakukan penyetelan. Perhatikan dan penuhi syarat penyetelan lampu kepala.
  5. Tempatkan mobil tegak lurus terhadap papan penyetel. Jarak lampu terhadap papan tergantung pada jenis lampu kepala. Untuk menentukan jenis lampu kepala tersebut perhatikan garis kaca pada biasnya. Untuk lampu kepala sistem eropa jarak lampu ke papan penyetel kurang lebih 5 meter. Untuk lampu kepala sistem amerika jarak lampu ke papan penyetel kurang lebih 7,5 meter.
  6. Ukurlah tinggi tengah - tengah lampu pada mobil kemudian atur tali yang melintang pada papan dengan ketinggian (H - 10% H )= h.
  7. Tempatkan tanda -tanda tegak lurus pada papan penyetel segaris dengan sumbu lampu - lampu mobil.
  8. Tutup salah satu lampu kepala dengan kain atau tutup fender, nyalakan lampu dekat ( dipped beam) dan perhatikan proyeksi sinar pada papan.

Syarat - syarat penyetelan lampu kepala:

  1. Posisi kemudi lurus sehingga roda -roda depan juga lurus. Jika roda depan berbelok, maka bagian depan mobil akan sedikit terangkat sehingga sinar lampu mengarah ke atas.
  2. Mobil harus ditempatkan di tempat yang rata.
  3. Mobil harus tanpa beba, termasuk pengemudi, agar sinar tidak mengarah ke atas.
  4. Tekanan ban harus normal dan sama kiri - kanan. Tekanan ban yang tidak sama mengakibatkan sinar lampu miring. Untuk itu periksa tekanan ban, tambah atau kurangi bila perlu.
  5. Pemasangan lampu harus tepat, tidak longgar dan keadaan reflektornya harus bersih.
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pemeriksaan, Penyetelan dan Perawatan Lampu pada Mobil"