Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FASILITAS MODIFIKASI OTOMOTIF BMW

FASILITAS MODIFIKASI OTOMOTIF BMW

Beragamnya konsep gaya modifikasi pada kendaraan selain dipengaruhi oleh adanya model desain standar kendaraan dan mode yang sedang trend, juga dipengaruhi oleh para desainer dan modifikator dari berbagai bengkel modifikasi.

Di dunia ada beberapa perusahaan sekaligus workshop yang bergerak di bidang modifikasi eksterior, interior, dan mesin mobil bertaraf internasional. Fasilitas modifikasi mobil ini dibagi menjadi 2 macam, yaitu : 

  1. Fasilitas modifikasi umum yang menangani mobil dari berbagai brand corporate, seperti Junction Produce, Admiration, Insurance, Garson, Vlene, dan lain-lain. 
  2. Fasilitas modifikasi yang khusus menangani satu brand corporate, seperti Hamann Jerman untuk BMW, AMG Jerman untuk Mercedes Benz, Fabulous Jepang untuk Toyota, dan Mugen Motorsport dan Modulo Jepang untuk Honda. 

a. Ruang Pamer (Showroom) 

Ruang yang digunakan untuk memamerkan sesuatu yang dijual, dalam hal ini kendaraan bermotor roda empat, sehingga calon pembeli atau konsumen dapat melihat, merasakan dan mengalami secara langsung. 

Selain itu berfungsi sebagai media perantara informasi yang berkaitan dengan kendaraan dan teknologi yang terdapat didalamnya dari produsen kepada konsumen. Showroom sendiri dipegang oleh Devisi Marketing. 

b. Bengkel (Workshop) 

Wadah atau ruang yang digunakan untuk menampung kegiatan kerja yang berhubungan dengan praktek, biasanya identik dengan hal-hal yang bersifat keteknikan atau mekanik. Dengan kata lain, dapat dikatakan sebagai tempat khusus memperbaiki kendaraan. 

Didalam bengkel selain terdapat area perbaikan, terdapat juga ruang-ruang penunjang antara lain : Spare Part (Counter Spare Parts), Gudang Peralatan (Tools), Gudang Penyimpanan Bahan, Ruang Tunggu, Meja Penerima Order (Front Desk), Ruang Administrasi, dan Ruang Istirahat Karyawan. 

Ruang-ruang ini cenderung mengarah kepada fungsinya tanpa memperhatikan aspek visualitas, maka penambahan kesan visual yang ditampilkan untuk menambah nilai kualitas kenyamanan bekerja selayaknya diberikan. 

c. Aksesoris 

Sebagai bagian dari bengkel, aksesoris merupakan kegiatan tersendiri yang memiliki ruang pelayanan kualitas fisik atau karakter yang lebih menunjang kesan visual yang cukup penting untuk menambah daya tarik pembeli untuk melihat Ruang Etalase atau Ruang Pelayanan secara lebih dekat. 

Fungsi ruang ini hampir sama dengan showroom tetapi dalam lingkup yang lebih kecil, baik dalam luasan atau pewadahan aktifitas yang ada didalamnya. 
  • Aksesoris Eksterior Aksesori yang ditempatkan pada bagian luar kendaraan atau badan luar mobil, misalnya : 
FASILITAS MODIFIKASI OTOMOTIF BMW
  • Aksesoris Interior Aksesoris yang dipasang atau ditempatkan pada bagian dalam mobil, misalnya:
FASILITAS MODIFIKASI OTOMOTIF BMW

d. Perbaikan Bodi (Body Repair) 

Devisi Perbaikan Bodi merupakan bagian dari bengkel yang memiliki era tersendiri, terlepas dari ruang perbaikan dan perawatan umum namun masih berkaitan dengan ruang counter spare parts. 

Kegiatan yang dilakukan berkisar pada perbaikan bodi kendaraan dan mengganti bagian bodi yang rusak parah, dengan aktifitas seperti pengetokan bodi yang penyok, pemolesan bahan dasar penutup bodi, pengecatan dengan sistem oven dan finishing bodi. 

e. Perbaikan Mesin 

1). Perawatan Berkala 

  • Tune Up yaitu penyetelan campuran komposisi pembakaran dengan udara di ruang bakar sesuai standar pabrik, serta membersihkan elemen seperti karburator atau injector dan saringan bahan bakar. 
  • Pengecekan terhadap pelumas mesin, pelumas rem, accu serta mengencangkan baut-baut. • Spooring dan Balancing yaitu memperbaiki posisi dan keseimbangan roda kendaraan agar berjalan stabil ketika berjalan dan menikung. 
  • Mencuci saringan pelumas dan ganti pelumas. Pelumas meliputi mesin, rem, garden, kopling, power steering. 

2). Perbaikan 

  • Memperbaiki atau mengganti jika dianggap perlu bagian dari mobil yang rusak meliputi perbaikan mesin, elektrikal, suku cadang fast moving, slow moving, unlimited moving. Perbaikan mesin mobil meliputi : 
    • Perbaikan ringan adalah perbaikan maupun penggantian suku cadang yang tidak memerlukan bongkar mesin seperti penggantian busi, saringan udara, kabel busi, dan sebagainya. 
    • Perbaikan berat adalah perbaikan yang mengharuskan mesin mobil harus dibongkar sebagian maupun keseluruhan atau istilahnya overhaul untuk memperbaiki ataupun mengganti suku cadang seperti perbaikan kepala silinder, penggantian piston, penggantian ring piston, penggantian klep, penggantian timing belt, dan sebagainya. 

f. Uji Coba (Test Drive)

Devisi menjadi devisi terakhir dalam proses pelayanan jasa bengkel. Kegiatan yang ada didalamnya merupakan kegiatan rutin yang perlu dilakukan bila kendaraan telah selesai diperbaiki (Kendaraan yang diservis) atau uji coba untuk konsumen yang ingin melakukannya pada kendaraan baru. 

Ruangnya berupa ruang terbuka berupa lintasan terbuka dengan kelengkapan berupa tikungan, jalan bergelombang, dan cipratan air. Atau juga bisa langsung di coba di jalan raya. 

g. Club House 

Tempat berkumpulnya sekumpulan komunitas yang tentunya memilik kegemaran yang sama, dapat saling berbagi pengalaman satu sama lain. Dengan itu perlu adanya suatu ruang yang nyaman dimana aktifitas klub membutuhkan ruang yang komunikatif, Nyaman, dan menarik. Beberapa fasilitas disediakan seperti kafe, ruang bermain anak, ruang billiard, taman dan ruang pengurus klub.

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "FASILITAS MODIFIKASI OTOMOTIF BMW"