Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

EKSPOR SUKU CADANG INDONESIA

EKSPOR SUKU CADANG INDONESIA

Industri otomotif merupakan salah satu industri yang prospektif, yang pada gilirannya akan meningkatkan kontribusi pada nilai ekspor dan pertumbuhan ekonomi. Perkembangan industri otomotif nasional dirangsang oleh kebijakan Pemerintah yang mengatur sektor ini, serta kemajuan teknologi dan kondisi ekonomi yang berlaku.

Salah satu pendukung industri otomotif yaitu produk suku cadang kendaraan bermotor merupakan salah satu pendukung industri otomotif, yang mana selain dipasarkan untuk kebutuhan dalam negeri juga telah dipasarkan ke pasar internasional. 

Secara nasional saat ini terdapat sekitar 1.400 industri komponen yang tergolong dalam industri komponen Tier 1, Tier 2, dan Tier 3. Sepuluh negara tujuan teratas ekspor suku cadang kendaraan dari Indonesia tahun 2013 adalah Thailand, Jepang, Malaysia, Brasil, Filipina, USA, China, Vietnam, Taipei dan India. 

Di tahun tersebut, Thailand menempati urutan teratas dengan nilai US$. 316,59 juta, disusul Jepang dengan nilai US$. 258,68 juta dan berkutnya adalah Malaysia dengan nilai US$. 183,68 juta. 

Ketiga negara tujuan ekspor teratas selama periode 2009-2013 itu menunjukkan pertumbuhan positif, kendati mengalami sedikit penurunan di tahun 2013. Thailand menjadi pasar utama bagi suku cadang kendaraan bermotor dari Indonesia karena industri otomotif di negara ini sudah cukup maju. Ratarata produksi mobil di Thailand mencapai 2,46 juta unit, sedangkan Indonesia baru sekitar 1,2 juta unit. 

Adapun suku cadang dari Indonesia yang diekspor ke Negeri Gajah Putih itu adalah transmisi kendaraan, kopling dan bagiannya, suku cadang sepeda motor, roda aksesorisnya, bagian stir, bagian aksesoris untuk badan kendaraan, bagianbagian rem, radiator, peredam kejutan, bemper dan lain-lain. Ekspor suku cadang ke Thailand tersebut hampir rata-rata meningkat dalam tiga tahun terakhir. 

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "EKSPOR SUKU CADANG INDONESIA"

close