Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Putaran dan jenis pompa

Putaran dan jenis pompa

Setelah kapasitas, head total pompa, dan NPSH sudah ditentukan, selanjutnya putaran pompa dan jenis pompa dapat ditentukan juga. 

Pemilihan pompa dengan putarannya harus dapat mengatasi kapasitas dan head yang diperlukan, dan juga pelaksanaan instalasi pompa harus memenuhi NPSH yang aman bagi timbulnya kavitasi. Pompa berukuran besar atau pompa khusus dapat digunakan untuk memenuhi kapasitas dan head yang dibutuhkan. Dapat juga digunakan pompa-pompa berukuran sedang atau kecil produksi pabrik. 

1. Putaran pompa 

Cara menentukan putaran pompa sebagai berikut ; 

  • Jika menggunakan motor listrik sebagai penggerak pompa, maka putaran harus dipilih dari putaran standar yang ada untuk motor motor tersebut 
  • Dengan memakai putaran yang telah ditentukan, maka kapasitas normal, head normal pompa dan harga ns dapat ditentukaan. 
  • Jika harga ns sudah diketahui menurut putarannya perlu diperiksa apakah masih dalam daerah yang pas dengan jenis pompa yang bersangkutan. 
  • Putaran pompa juga harus memenuhi syarat aman dari kavitasi yaitu NPSH tersedia >= NPSH dperlukan. 

2. Jenis pompa 

Pemakaian pompa untuk kapasitas dan head total tertentu dapat digunakan beberapa macam jenis pompa. Jenis pompa poros mendatar atau tegak dapat menjadi pilihan dengan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut : 

  • Operasi pompa tidak terlalu berat dan sering dibongkar pasang secara ekonomis lebih menguntungkan menggunakan pompa poros mendatar. 
  • Jika pompa harus bekerja head hisap statis cukup besar, atau pompa harus bekerja otomatis dan luas ruangan yang tersedia untuk instalasi terbatas, pompa poros tegak menjadi pilihan utama. 

Pemilihan jenis pompa juga dapat berdasarkan pada kondisi pemasangannya seperti pompa yang digunakan untuk memompa zat acir khusus seperti air limbah, air berlumpur, minyak bumi dan lainnya. Kondisi pemasangan seperti mudah terkena banjir, permukaan hisap yang berfluktuasi, permukaan air dalam, dapat menjadi pertimbangan untuk memilih pompa yang pas.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Putaran dan jenis pompa"

close