Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Operasi Pompa pada Kapasitas tidak Normal

Operasi Pompa pada Kapasitas tidak Normal

Operasi instalasi pompa dengan melayani head tertentu akan berjalan normal dan mencapai harga efisiensi maksimum pada kapasitas aliran mencapai harga normal atau pada kapasitas penuh, seperti terlihat pada Gambar.

Operasi Pompa pada Kapasitas tidak Normal
Dari grafik di atas, pompa yang beroperasi pada kapasitas tidak penuh atau berlebih, efisiensi operasinya rendah. Kasus khusus yaitu pada kapasitas tidak penuh, daya poros yang diperlukan bertambah besar. 

Sebaliknya, untuk operasi pompa pada kondisi kapasitas melebihi normal, daya poros bertambah turun, tetapi dengan head yang juga menurun. Jadi, ada dua kasus khusus operasi pompa yang tidak efisien, dan ini mengakibatkan kerugian. Berikut ini penjelasan lebih lanjut kasus tersebut. 



1. Operasi dengan kapasitas tidak penuh 

Pompa yang beroperasi pada kapasitas tidak penuh akan timbul banyak permasalahan, akibatnya efisiensinya menjadi turun. Untuk pompa radial pada kapasitas rendah, gaya radial menjadi besar, pada pompa aksial daya poros semakin besar, timbul suara dan getaran. 

Pada pompa volut dengan kondisi operasi tersebut gaya radial yang ditimbulkan sangat besar dan tidak seimbang, apabila pompa beroperasi lama akan menyebabkan poros pompa patah. 

Gejala lain yang selalu muncul pada pompa dengan kapasitas aliran yang terlalu kecil atau bahkan mendekati nol, yaitu pompa akan mejadi panas, dan ini adalah kerugian operasi. Panas akan timbul pada impeler karena kurang pendinginan dari zat cair.

Panas yang timbul pada operasi kapasitas tidak penuh akan terbawa aliran. Apabila pompa beroperasi dalam keadaan katup tertutup atau terbuka sangat kecil, maka kerugian akan meningkat, sedangkan panas yang dibawa ke luar sangat sedikit. Hal ini mengakibatkan temperatur pompa akan naik dengan cepat.

Apabila pompa dengan head tinggi dioperasikan pada kapasitas rendah, temperatur akan naik dan menyebabkan kesulitan seperti kavitasi, pada kondisi ini penguapan zat cair sangat banyak dan menimbulkan kerusakan pada komponen pompa, khususnya impeler. 

Kerusakan akan lebih parah pada operasi pompa dengan zat cair panas. Untuk mengatasinya, sebagian zat cair terpaksa harus dibocorkan ke luar bila laju aliran sangat kecil, hal ini dilakukan untuk mencegah naiknya temperatur melebihi batas normal. 

Kenaikan temperatur yang diizinkan adalah 10 0 C, khusus untuk pompa yang digunakan untuk pengisi ketel, kenaikan yang diizinkan harus diperhitungkan atas dasar kondisi dimana tidak akan terjadi penguapan pada ruang pengimbang.

2. Operasi dengan kapasitas melebihi normal 

Permasalahan akan timbul pada operasi pompa dengan kapasitas melebihi normal atau di atas titik efisiensi optimumnya. Pada pompa sentrifugal, dengan kenaikan kapasitas aliran efisiensi menurun dan daya poros naik. 

Permasalahan lain yang timbul adalah terjadi kavitasi, karena NPSH yang diperlukan akan naik. Untuk mengatasinya perlu disediakan NPSH pada laju aliran maksimum yang lebih besar dari pada NPSH yang diperlukan. 

Jika pompa sentrifugal dengan ns rendah dan dioperasikan pada kondisi kapasitas melebihi normal, daya poros yang dibutuhkan akan naik, untuk itu, perlu dipilih motor penggerak berdaya besar, sehingga mampu mengatasi operasi pompa yang berlaku. Jika hal tersebut tidak dilakukan, motor akan mengalami pembebanan berlebih, dan dapat mengakibatkan kerusakan. 

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Operasi Pompa pada Kapasitas tidak Normal"

close